Objek Wisata Puncak Pinang Awan Solsel Menunggu Investor

- Jumat, 18 September 2020 | 17:24 WIB

HARIANHALUAN.COM - Objek wisata Puncak Pinang Awan Solok Selatan (Solsel) salah satu destinasi alam diketinggian sekitar 950 meter diatas permukaan laut (MDPL) yang menunggu investor dalam membenah i objek tersebut yang terintegrasi dengan air panas alami yang berasal dari perut bumi.

Pengamat Pariwisata Sumbar, Nofrins Napilus ketika dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (18/9/2020) mengatakan daya tarik pesona alam di Puncak Pinang Awan tidak kalah dengan objek wisata Cipanas di Garut apabila dikembangkan secara maksimal.

"Secara geografis kondisi alamnya hampir sama yang juga memiliki sumber air panas alami," katanya.

Di Cipanas, kata Nofrins saat ini sangat berkembang dan ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, puluhan Penginapan, Homestay, Hotel sampai Santika pun juga sudah ada disana.

Semuanya, menggunakan air panas alami untuk mandi dan Kolam-kolamnya. "Menurut masyarakat sekitar, sumber airnya berasal dari sumur yang di bor karena sumur-sumur dangkal semua disitu seperti ngebor air sumur biasa," katanya.

Menurut Nofrins, hal itu yang menjadi daya tarik utama di Cipanas sehingga ada puluhan penginapan hingga hotel bintang empat dan Hotel Syariah berinvestasi. 

"Sekarang Cipanas sudah berkembang jadi Kota Kecil tersendiri dengan hotel-hotel yang lengkap untuk acara rapat-rapat kerja, seminar dan lainnya," katanya.

Dalam hari kerja, sebelum pandemi Covid-19, imbuhnya rata-rata hanya terisi sekitar tiga puluh persen, tapi di akhir pekan rata-rata penginapan terisi hingga 80-90 persen. 

"Belum lagi rumah makan, sentra oleh-oleh dan kerajinan lainnya. Enggak, kebayang berapa miliar uang per-bulan sebagai pemasukkan dari wisatawan ke rakyat dan PAD," katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X