Owner Aplikasi Robot Trading Skema Ponzi Ditangkap, Ini Sebabnya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:46 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM -  Salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal, inisia AMA ditangkap petugas penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri.

Baca Juga: KPK Diminta Awasi Praperadilan, Polres Kampar Diduga Kriminalisasi Ketua dan Petani Kopsa M

"Satu sudah tertangkap (AMA)," kata Dir Tipideksus Bareskrim, Brigjen Whisnu Hermawan, seperti dilansir okezone.com, Minggu (23/1/2022).

Dia mengungkapkan, AMA aktor utama itu ditangkap di salah satu hotel di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat, pada 20 Januari 2022. AMA merupakan owner Robot Trading Evotrade. 

Dari penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti, berupa uang dengan pecahan Dollar Singapura, uang rupiah, dan tiga handphone.

Sebelumnya, Dit Tipideksus Bareskrim Polri menetapkan enam tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.
Keenam orang itu adalah AD (35), AMA (31), AK (42), D (42), DES (27), dan MS (26). Mereka diketahui memiliki peranan berbeda.

"Ini perkara dari adanya laporan atau informasi dari masyarakat juga. Perusahaan ini menjual aplikasi robot trading tanpa izin bahkan dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan sistem ponzi atau piramida, member get member. Jadi bukan barang dijual tapi sistemnya," ujar Whisnu.

Dia menjelaskan, modus operandi kejahatan ini adalah, pelaku usaha distribusi dalam hal ini PT. Evolusion Perkasa Group menawarkan penjualan Aplikasi Robot Trading Evotrade melalui paket-paket yang ditawarkan.

Dalam hal ini, dengan menerapkan sistem skema piramida, mereka menjanjikan bonus atau keuntungan jika dapat merekrut anggota baru antara 2 persen sampai dengan 10 persen hingga 6 kedalaman.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Wabah PMK Merebak, DPR: Perlu Langkah Strategis

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:00 WIB
X