Waspada Hujan dan Angin Kencang di Perairan Sumbar

- Senin, 24 Januari 2022 | 06:55 WIB
Hujan disertai angin kencang (Suara Ternate-Pikiran Rakyat)
Hujan disertai angin kencang (Suara Ternate-Pikiran Rakyat)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Senin (24/1/2022), diprediksi cuaca secara umum hujan ringan di perairan barat Sumatera Barat, Perairan timur dan barat Mentawai, serta Samudera Hindia barat Mentawai.

Sedangkan, angin bertiup dari arah Barat - Barat Laut dengan kecepatan angin 2 - 15 knot.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Guncangan Gempa Banten Terasa Kuat di Jakarta

Mengutip laman BMKG, masyarakat perlu mewaspadai gelombang tinggi 0.3 - 2.50 meter yang berpeluang di wilayah Perairan barat Sumatera Barat, Perairan timur Siberut, Perairan timur Sipora dan Pagai.

Waspada juga dengan potensi gelombang ketinggian 1.50 - 3.00 meter yang berpeluang terjadi di wilayah Perairan utara Siberut.

Baca Juga: Termasuk Sumbar, BMKG Rilis Peringatan Cuaca Ekstrem Malam Tahun Baru

Perlu juga waspada gelombang dengan ketinggian 2.50 - 3.00 meter yang berpeluang terjadi di wilayah perairan barat Kepulauan Mentawai dan Samudera Hindia Barat Sumatera Barat.

Untuk prakiraan pasang surut Teluk Bayur, masyarakat diminta waspada pasang dengan ketinggian 1.1 meter. Diprediksi juga surut ketinggian 0.4 meter.

"Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.25 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots," kata BMKG.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X