Dirintis FJPI, Pemprov Sumbar Dukung Penghargaan Jurnalistik Roehana Koeddoes

- Senin, 24 Januari 2022 | 22:18 WIB
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Provinsi Sumbar, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, saat berjumpa dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Wilayah Sumbar, Senin (24/1/2022), menyampaikan harapannya terkait keberadaan jurnalis dan kebangkitan jurnalis perempuan Sumbar. IST
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Provinsi Sumbar, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, saat berjumpa dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Wilayah Sumbar, Senin (24/1/2022), menyampaikan harapannya terkait keberadaan jurnalis dan kebangkitan jurnalis perempuan Sumbar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Sumbar, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, saat berjumpa dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Wilayah Sumbar, Senin (24/1/2022), menyampaikan harapannya terkait keberadaan jurnalis dan kebangkitan jurnalis perempuan Sumbar.

"Cita-cita saya, Sumbar jadi pusat jurnalistik Indonesia. Kita punya banyak tokoh jurnalis Minangkabau. Roehana Koeddoes salah seorangnya, begitu melegenda. Bahkan sekarang sudah jadi pahlawan nasional," ujar Jasman.

Baca Juga: Rohana Kudus, Muslimah Pejuang Emansipasi Perempuan dari Ranah Minang

Menurut Jasman, perlu dirintis adanya penghargaan jurnalistik dengan label Roehana Koeddoes, juga demi mengenang dan menjaga semangat jurnalistik perempuan Minangkabau.

"Kita bukan maksud membeda-bedakan perempuan dengan lelaki, tapi memang perlu perempuan mendapatkan porsi yang spesial. Ini anugerah, penghargaan, sifatnya istimewa," sebut Jasman, terkait harapan adanya penghargaan jurnalistik berlabel Roehana Koeddoes.

Baca Juga: Rohana Kudus dan Gerakan Perempuan

Menurut Jasman, ini merupakan tantangan juga bagi FJPI Sumbar, untuk merintis terwujudnya harapan ini. Ditegaskan, Pemerintah Provinsi akan memberi dukungan, terutama karena Gubernur Mahyeldi mempunyai porsi perhatian yang tak kalah besar terhadap perkembangan jurnalistik di bumi Minangkabau.

Dalam kesempatan itu, Ketua FJPI Sumbar Nita Indrawati menyambut harapan yang disampaikan. Ditekankan, FJPI Sumbar sangat setuju dengan proyeksi tersebut dan akan berusaha untuk tercapainya harapan mulia tersebut.

"Ini memang sudah menjadi tujuan kami juga, Pak. Apalagi mengingat bahwa Roehana Koeddoes merupakan tokoh jurnalistik perempuan pertama, dari Sumbar pula, ini tentu akan sangat membanggakan" sebutnya, didampingi sejumlah anggota FJPI Sumbar yang hadir.

Diungkapkan Nita, FJPI Sumbar sendiri telah pernah menggelar agenda serupa namun masih tingkat regional dengan peserta berasal dari Sumbar. Selain itu, FJPI Sumbar juga pernah melakukan program napak tilas Roehana Koeddoes untuk mengenal lebih dekat sosok tokok jurnalis perempuan urang Minangkabau itu.

Nita menambahkan, jika penghargaan Roehana Koeddoes terwujud, pesertanya bukan hanya berasal dari Sumbar, melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Dengan demikian, juga bertambah orang yang berkunjung ke Sumbar, dan bukan tidak mungkin ini akan menjadi agenda tahunan," sebut Nita. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X