Sinergi Respon Cepat Evaluasi Program Strategis Pemerintah Daerah di Solsel

- Senin, 24 Januari 2022 | 22:43 WIB
 Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua DPRD Solsel
Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua DPRD Solsel

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM – Program strategis kegiatan pemerintah yang perlu mendapat perhatian Kepala Daerah antara lain penyerapan anggaran, pemulihan ekonomi dimasa pandemi, pencegahan korupsi dan penyimpangan anggaran serta pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Hal tersebut terungkap dalam arahan pemerintah pusat melalui Rapat Koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Ketua KPK, Kepala LKPP dengan Kepala Daerah dan Ketua DPRD seluruh Indonesia, terkait evaluasi program strategis kegiatan pemerintah daerah secara daring, Senin (24/1/2022).

Berdasarkan hal tersebut, Bupati Solok Selatan, H Khairunas, didampingi Wabup H Yulian Efi, langsung memerintahkan Sekdakab dan OPD terkait untuk fokus menindaklanjutinya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Dosis Kedua di Solsel 46 Persen

Dengan telah dimulainya pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022, untuk segera melakukan percepatan penyerapan anggaran, percepatan lelang Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), penyiapan regulasi-regulasi untuk mendukung hal tersebut.

"Hal ini hendaknya menjadi perhatian kita bersama, menghindari penyimpangan anggaran, memperkuat perekonomian dengan langkah kongkrit, mendorong pelaku usaha dalam rangka penyerapan APBD," ungkap bupati.

Selain itu Bupati berharap agar konsep integritas, komitmen, meninggalkan kebiasaan yang tidak baik, merupakan sebuah energi dan semangat baru sehingga bisa membawa perubahan untuk Solok Selatan Maju dan Sejahtera.

Apa yang disampaikan Bupati sejalan dengan arahan Mendagri, M Tito Karnavian bahwa pemerintahan yang bersih (clean and clear governance), tercipta jika Kepala Daerah konsisten dalam upaya memberantas praktek-praktek menyimpang, melanggar hukum dan menjadikan korupsi seolah menjadi kultur/budaya.

Untuk itu, Kepala Daerah bersama DPRD harus mendorong pembenahan kultur organisasi, apalagi ini melibatkan banyak orang. Seperti membantu masyarakat dengan tulus, maka masyarakat akan respek sehingga kepercayaan dan dukungan masyarakat akan besar terhadap kebijakan pemerintah.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X