Guna Peningkatan UMKM, Pemkab Agam Targetkan Pembentukan BUMD pada 2022

- Selasa, 25 Januari 2022 | 11:05 WIB
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Drs. Dedi Asmar  ((AMC News))
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Drs. Dedi Asmar ((AMC News))

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam optimis keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat menjadi motor penggerak perekonomian pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu.

Baca Juga: Benarkah CPNS 2023 Sudah Tidak Ada Lagi?

Pemkab Agam menargetkan BUMD itu berdiri pada tahun 2022. Tahap awal, BUMD tersebut bergerak pada pemasaran produk dan mengontrol kualitas produk usaha kecil mikro dan menangah.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Drs. Dedi Asmar mengatakan pendirian BUMD bertujuan menciptakan pelaku usaha yang tangguh dan sejahtera.

“Dapat dikatakan BUMD ini nantinya menjadi wadah pemberdayaan pelaku usaha di Kabupaten Agam. Melalui BUMD, mereka akan terorganisir dalam manajemen yang baik,” ujarnya, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Walikota Pariaman Tinjau Kondisi Terkini Youth Center

Lebih lanjut diterangkan, selain memberdayakan pelaku UMKM, melalui BUMD nantinya akan membantu promosi dan pemasaran produk masyarakat. BUMD juga berperan sebagai klinik kewirausahaan sehingga produk yang dihasilkan pelaku usaha di Kabupaten Agam lebih layak bersaing.

“Secara perlahan hal itu akan menjadi fokus pemberdayaan dari pendirian BUMD, tujuan akhirnya adalah pelaku umkm Agam menjadi lebih tangguh, baik dari segi kualitas maupun perekonomian,” tuturnya.

Menurutnya, 15.000 masyarakat Kabupaten Agam merupakan bagian dari 59,2 juta pelaku UMKM di Indonesia. Sebagian besar keluhan pelaku UMKM yang ditemui pihaknya adalah soal promosi, pemasaran, dan permodalan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

X