Bupati Solsel Perintahkan OPD Tuntaskan Laporan Pemkab 2021

- Rabu, 26 Januari 2022 | 00:20 WIB
Bupati Khairunas saat apel gabungan ASN di halaman kantor bupati Solsel
Bupati Khairunas saat apel gabungan ASN di halaman kantor bupati Solsel

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Salah satu kewajiban pemerintah daerah pada setiap akhir tahun anggaran adalah pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Adapun pertanggungjawaban dimaksud terangkum dalam laporan-laporan akhir tahun 2021 yang saling terkait, yang terdiri dari Laporan Keuangan Pemerintah Derah (LKPD), yang merupakan data dukung utama untuk dapat melakukan penyusunan laporan lainnya.

Seperti Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Laporan Kinerja.

Baca Juga: Dugaan Korupsi PDAM, Kejari Solsel Periksa 2 Saksi Termasuk Mantan Direktur

Bupati H Khairunas, pada saat pembukaan Bimbingan Teknis Penysunan LKPJ dan LPPD, Selasa (25/1/2022), mengatakan bahwa OPD terkait untuk segera dengan cepat menuntaskan dan menyelesaikan laporan-laporan akhir Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan tahun 2021.

‘’Setiap laporan akan dilakukan evaluasi dan pengawasan dari kami Bupati dan Wakil Bupati, mengenai hasil laporan dan selanjutnya laporan tersebut harus kita pertanggungjawabkan," tegas Bupati.

Kabag Pemerintahan, Rahmi Riva Herlina, menyebut kegiatan Bimtek seperti LKPJ Tahun 2021 ini merupakan tahapan penting dalam mewujudkan sebuah laporan yang berkualitas, akuntabel dan tepat pada waktunya.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam penyusunan dokumen laporan akhir tahun.

Dalam pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, peran pemerintah daerah dan DPRD sangat penting untuk menerbitkan regulasi Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X