Polda Jabar Limpahkan Kasus Arteria Dahlan ke Polda Metro Jaya, Ini Sebabnya

- Jumat, 28 Januari 2022 | 05:55 WIB
Spanduk bertuliskan Arteria Dahlan musih orang Sunda di Kota Bandung. (foto instagram @infobandungkota)
Spanduk bertuliskan Arteria Dahlan musih orang Sunda di Kota Bandung. (foto instagram @infobandungkota)

HARIANHALUAN.COM -Karena locus delicti atau peristiwa kejadian terjadi di wilayah Jakarta, Polda Jawa Barat melimpahkan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan anggota DPR, Arteria Dahlan terhadap masyarakat Jawa Barat ke Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Duh, Gembong Penyelundup Pekerja ke Malaysia Ini Punya Jaringan Luas


"Ya betul sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya, karena memang kejadiannya di sana (Jakarta)," ungkap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo, seperti dilansir Republika.co.id, Kamis (27/1/2022).

Namun, hingga saat ini, Polda Metro Jaya masih enggan memberikan keterangan mengenai pelimpahan laporan Majelis Adat Sunda tersebut.

Kasus dugaan ujaran kebencian yang menyeret Arteria itu berawal pada saat Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Kejaksaan Agung di Gedung DPR RI, pada Senin (17/1) lalu. Ketika itu, Arteria meminta Jaksa Agung mencopot Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang berbicara dengan Bahasa Sunda saat rapat kerja.

"Ada kritik sedikit Pak JA (jaksa agung), ada kajati pak, dalam rapat dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti pak itu," kata Arteria Dahlan.

Pernyataan Arteria itu menuai kecaman dari sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Majelis Adat Sunda. Kemudian mereka melaporkan Arteria ke Polda Jawa Barat. Pernyataan terbuka Arteria dalam rapat di DPR itu menjadi penistaan terhadap suku bangsa yang ada di Indonesia, bukan hanya suku Sunda.

Baca Juga: Pemilik Kebun Sawit di Riau Ini Tewas Diinjak Kawan Gajah

"Kami sengaja melapor, pada intinya adalah pelanggaran konstitusi, ada pasal 32 ayat 2 (UUD 1945) yang harus memelihara bahasa daerah, bukannya melarang bahasa daerah," ujar Pupuhu Agung Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda, Ari Husein.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X