Pengurus KAN Paninjauan Dikukuhkan, Bupati Agam Harapkan Peran Niniak Mamak dalam Pembangunan Nagari

- Jumat, 28 Januari 2022 | 06:18 WIB
Niniak mamak Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. (AMC News)
Niniak mamak Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. (AMC News)

LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Peran ninik mamak sangat menentukan terhadap maju mundurnya suatu nagari. Hal itu disampaikan Bupati Agam, Dr. Andri Warman saat hadiri pelantikan pengurus KAN Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (27/1/2022).

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), saat ini Kabupaten Agam miliki 82 nagari definitif dan 23 nagari persiapan, sehingga butuh dukungan dari tokoh adat untuk melakukan pembangunan.

Bupati mengatakan, walaupun pemerintahannya bagus, tanpa peran ninik mamak akan sulit dalam memajukan nagari, apalagi Kabupaten Agam yang cukup luas ini.

Baca Juga: Istri Bupati Agam Jajal Pesona Suntiang Matua saat Foto Keluarga

Dengan begitu, ia berharap KAN terkhusus KAN Paninjauan yang baru saja dilantik, untuk buat program kerja dalam memajukan nagari masing-masing.

“Kita harap programnya sejalan dengan program Pemkab Agam, agar apa yang dilaksanakan bisa sinkron dalam memajukan daerah ini,” ujar bupati.

Di hadapan para pengurus KAN Paninjauan yang baru dilantik dan masyarakat, ia menjabarkan berbagai program unggulan dengan harapan didukung penuh oleh lembaga nagari.

Baca Juga: Tingkatkan SDM, Pemkab Agam Beri Peluang ASN dan Perangkat Nagari Lanjutkan Pendidikan

“Ada berbagai program unggulan yang kita laksanakan terutama terkait pendidikan, salah satunya menyangkut ada istiadat,” tuturnya.

Menurutnya, keberadaan KAN sangat mendukung terhadap pengembangan adat istiadat, apalagi Ketua KAN Paninjauan ini berlatar belakang sebagai dosen di ISI Padang Panjang.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X