Demi Sang Ayah, Wanita Muda Ini Rela Jadi Penambal Ban Truk di Ruas Jalan Nasional Solsel

- Jumat, 29 Januari 2021 | 23:07 WIB

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Profesi tukang tambal ban truk umumnya dilakoni pria. Di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) ada wanita yang berprofesi sebagai penambal ban truk. Seperti yang digeluti Rani (25) yang berlokasi di ruas jalan nasional Jorong Ampalu Sapan Bawah kilometer 13.

Rani mengaku sudah lama menggeluti pekerjaan sebagai penambal ban truk, semenjak masih gadis. Bahkan, sampai saat ini sudah memiliki dua orang anak.

"Anak-anak masih kecil, satu umur dua tahun dan yang bungsu usia satu tahun. Sementara, sebulan ini suami mencoba peruntungan di kota Padang bekerja serabutan. Sesekali Rani menyusul suami ke Padang," ucapnya.

Ketika ditemui di lokasi bengkel tempat Rani menambal ban, Jumat (29/1/2021). Wanita muda itu tengah asik membuka velg ban alat berat jenis loader untuk ditambal.

Sesekali ia menghela nafas. Tangannya tidak berhenti mengayunkan Martil ke tuas pembuka ban secara bergantian. Hingga ban berukuran besar terpisah dari velg-nya.

Rani mengaku hanya menamatkan bangku sekolah tingkat SMP. Dan saat ini mewarisi usaha sang ayah yang sudah tua bersama adik lelakinya.

"Sekarang Ayah sudah tua, tidak bisa lagi melakoni pekerjaan ini. Saya dan adik yang bergantian di bengkel, kadang jika adik saya ada pekerjaan lain maka Rani menambal ban," katanya.

Menurut Rani, bengkel berukuran 7x4 meter persegi itu berada di lahan yang dipinjamkan oleh orang lain, bukan ditanah milik keluarganya. Bengkel itu terbuat dari kayu yang juga dibuatkan kamar didalamnya untuk istirahat.

"Beruntung masih ada orang baik yang meminjamkan lahan ini. Untuk alat, kami hanya punya satu unit mesin kompresor udara 25 Pk dan alat hidrolik pembuka ban manual," ujarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X