Dinas PU Siapkan 2 Alternatif Trase Jalur Tol Dharmasraya-Rengat

- Jumat, 28 Januari 2022 | 19:07 WIB
Tol Dharmasraya-Rengat
Tol Dharmasraya-Rengat

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu) di Riau telah meyelesaikan pra studi kelayakan jalur feeder tol Dharmasraya-Rengat. Hasilnya, diusulkan dua alternatif trase yang bisa dipilih sebaga jalur tol tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dharmasraya Junaedi Yunus mengatakan, trase pertama lebih pendek sepanjang 108 kilometer. Di Riau, trase ini diusulkan tersambung dengan tol trans Sumatra di Belilas, Inhu.

Baca Juga: Rencana Pembangunan Tol Dharmasraya-Rengat Masuk Tahap Administrasi

Trase kedua lebih panjang, yakni 134 kilometer. Jalur ini diusulkan tersambung dengan tol trans Sumatra lebih ke utara dari usulan pertama. Tepatnya, di Simpang Japura, Rengat, Inhu.

Menurutnya, Dharmasraya dan Inhu mengusulkan trase yang lebih pendek. Sementara, Pemkab Kuansing mengusulkan rute yang lebih panjang.

Baca Juga: Menko Luhut Singgung Akses Tol Dharmasraya di Rakernas APKASI

Junaedi menuturkan, yang akan menentukan trase mana yang digunakan Hutama Karya sebagai pelaksana pembangunan jalan tol.

“Tentu tim Hutama Karya yang akan mensurvey kelayakan itu. Yang baru selesai kan pra FS (fisibilities study). Merekalah yang menentukan, mana yang paling menguntungkan. Bisnis plan kan harus jelas,” ujarnya.

Salah satu yang akan ditimbang, menurutnya, berapa tahun perkiraan break even value, pengembalian modal. “Pasti itu yang dikejar. Dilihat dari trafik.”

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X