FGD Kolaborasi Penyelamatan Danau Nasional Digelar, Bupati Agam Bentuk Tim Revitalisasi

- Jumat, 28 Januari 2022 | 20:31 WIB
Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman
Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman ikuti Focus Group Discussion (FGD) kolaborasi penyelamatan danau prioritas nasional khususnya yang ada di Sumatera Barat, di Hotel Grand Zuri Padang, Jumat (28/1/2022).

Kegiatan ini juga diikuti Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah beserta beberapa pimpinan OPD, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Bupati Solok, Epyardi Asda, TNI dan Polri, Sekdakab Agam, Edi Busti, Kepala DLH Agam, Jetson dan lainnya.

Baca Juga: Sanksi Pidana Menanti Perusahaan yang Tak Tertib Reklamasi Danau Singkarak

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), dalam forum itu, Kementerian ATR/BPN selaku leading sektor membahas terkait penyalamatan danau di Sumatera Barat, yang jadi prioritas nasional yaitu Danau Maninjau dan Danau Singkarak.

“Danau miliki nilai strategis di sisi ekonomi, sosial budaya dan pariwisata. Akibat tercemar menimbulkan kerugian baik bagi masyarakat lokal maupun daerah,” ujar Dirjen PPTR Kementerian ATR/BPN, Budi Situmorang.

Baca Juga: Gubernur Sumbar dan 3 Bupati Temukan Solusi Penyelamatan Danau Singkarak-Maninjau

Danau yang jadi prioritas penyelamatan, katanya adalah danau yang sudah terancam seperti halnya di Sumatera Barat yaitu Danau Maninjau dan Singkarak.

“Danau ini perlu diselamatkan karena bagian dari aset, yang akan ditinggalkan untuk para generasi penerus di masa mendatang. Negara hadir untuk ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman menyebutkan, Danau Maninjau tercemar akibat pakan ikan menumpuk di dasar danau, sehingga tumpukan itu menjadi sedimen yang merusak kualitas air.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X