Tertangkap di Batam, Ini Bos Kapal Penyelundup Pekerja ke Malaysia

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 22:43 WIB
Mayat penumpang kapal  milik Y yang karam di perairan Johor. Net
Mayat penumpang kapal milik Y yang karam di perairan Johor. Net


HARIANHALUAN.COM - Sempat buron setelah kapal miliknya yang membawa puluhan pekerja karam di perairan Johor, Malaysia, pengusaha inisial Y akhirnya tertangkap.

Baca Juga: Lagi! Calo Penyelundup PMI ke Malaysia Tertangkap di Karimun

Pengungkapan kasus itu berawal dari informasi melalui staf KBRI Johor menyampaikan bahwa telah terjadi kapal Tenggelam yang diduga berasal dari pulau terong Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto mengatakan, setelah melakukan proses penyelidikan, Polsek Belakang Padang berhasil mengamankan 1 orang pelaku Z (37) yang bertugas mengecek dan mengisi minyak kapal boat sebelum berangkat ke Malaysia.

Berdasarkan keterangan dari pelaku Z, pelaku Y selaku pemilik boat yang tenggelam melarikan diri, Unit VI dan Opsnal Sat Reskrim Polresta Barelang melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku Y pada Selasa 25 Januari 2022 di Perumahan Baloi Kecamatan Lubuk Baja, Batam.

"Pada Rabu 19 Januari 2022, tim mengamankan pelaku SL (45) di pelabuhan tikus Pandan Bahari Kecamatan Sagulung dan menerima kelima calon PMI dan pelaku sebagai tekong boat tersebut dari LANAL Batam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di polresta Barelang," ucap Nugroho, dilansir haluankepri.com, Sabtu (29 /1/2022).

Dijelaskan Nugroho, pada, Minggu 23 Januari 2022, tim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada penampungan Calon PMI diperumahan Avante Oceanic Bliss, Bengkong, Batam.

Selanjutnya Unit PPA melakukan penyelidikan terhadap laporan masyarakat tersebut, ditemukan adanya 3 calon PMI dan mengamankan 1 pelaku berinisial C (45).

Pada, Rabu, 26 Januari 2022, tim kembali mengamankan para Calon PMI di sekitaran Bandara Hang Nadim Batam dan pelaku inisial SA (48) bersama BS (51) serta 9 Korban Calon PMI Ilegal yang akan diberangkatkan ke Malaysia.

"Jadi tim berhasil mengungkap 4 kasus PMI dengan mengamankan sebanyak 5 orang pelaku laki-laki dan 1 orang perempuan. Lebih kurang 50 PMI yang hendak dikirim ke Malaysia berhasil digagalkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X