Antisipasi Bencana, Kalaksa BPBD Sumbar Minta Tingkatkan KIS 

- Selasa, 1 Februari 2022 | 21:32 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Jumaidi.
Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Jumaidi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Beragam bencana, terutama banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan gempa masih menjadi ancaman di beberapa daerah Sumatera Barat.

Dalam rangka mengantisipasi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, melakukan rapat koordinasi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD se-Sumbar.

Baca Juga: Tanggap Bencana, TRC BPBD Sumbar Segera Dibentuk

"Rakor ini kita lakukan untuk meningkatkan koordinasi, interaksi, dan singkronisasi (KIS) kita ke depan," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Jumaidi.

Menurutnya, KIS ini merupakan salah satu upaya untuk menjalankan prinsip kerja BPBD secara tim. Pasalnya, dalam menanggulangi bencana, tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak.

Baca Juga: Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana, BPBD Sumbar Bekali Jurnalis dan Relawan Bimtek

Justru, lanjut Jumaidi, harus membangun pemahaman atau saling menguatkan mitigasi bencana dengan banyak pihak. Bukan hanya dari lingkungan BPBD, namun juga dengan Forkopimda lainnya.

"Karakter kemanusiaan ini harus dibangun secara tim, termasuk dengan dinas lainnya, seperti PU, DLH, PSDA, Dinsos, TNI-Polri, PMI, Basarnas, dan lainnya," ujarnya. 

Ia berpendapat, dengan merangkul semua pihak, dan kerja sama, maka penanggulangan ketika terjadi bencana, hingga pascabencana akan lebih mudah, terasa ringan, serta lebih cepat. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X