Di Amerika Omicron Berdampak Mematikan, Ringan Jangan Dianggap Enteng!

- Selasa, 1 Februari 2022 | 23:20 WIB
Ilustrasi Omicron. (Pixabay/Alexandra_Koch)
Ilustrasi Omicron. (Pixabay/Alexandra_Koch)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat dikejutkan oleh kenaikan angka kematian akibat varian Covid-19, omicron. Sebab awalnya, diyakini varian omicron hanya menimbulkan gejala ringan dan tidak memperparah kondisi pasien.

Varian omicron saat ini sudah terdeteksi dihampir penjuru Amerika Serikat hingga mendorong naiknya angka kematian akibat Covid-19 ke angka yang lebih tinggi dibanding angka pada musim gugur, yang ketika itu dipicu oleh varian delta.

Kematian akibat omicron di proyeksi akan terus naik dalam beberapa hari ke depan atau bahkan minggu.

Baca Juga: Pakar Kesehatan Ungkap Penyebab Kematian dari Varian Omicron

Dalam tujuh hari terakhir, pasien Covid-19 yang meninggal di Amerika Serikat mengalami kenaikan sejak pertengahan November 2021. Pada Kamis, 27 Januari 2022, kematian akibat Covid-19 sebanyak 2.100 orang.

Jumlah itu melampaui angka pada September 2021 atau ketika kasus Covid-19 didominasi oleh varian delta.

Saat ini, varian omicron diyakini sudah menyebar di seluruh bagian di Amerika Serikat. Kendati hanya menimbulkan gejala ringan pada sebagian besar orang, namun faktanya omicron lebih mudah menular. Itu artinya, lebih banyak orang jatuh sakit dan sekarat.

Baca Juga: Omicron Sudah Sampai di Arab Saudi, UEA, dan Amerika Serikat

Omicron bisa mendorong kita ke lebih dari satu juga kematian. Itu jumlah yang besar. Harus banyak diskusi mengenai apa yang bisa kita lakukan dengan cara berbeda. Berapa banyak kematian yang harusnya bisa dicegah,” kata Andrew Noymer, profesor bidang kesehatan masyarakat dari Universitas California-Irvine.

Sejumlah ilmuwan sepakat bahwa gejala varian omicron lebih ringan dan pada sejumlah kasus si pasien tidak memperlihatkan gejala apapun.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Bharada E Resmi Dapat Perlindungan dari LPSK

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:41 WIB
X