Siap-siap! Festival Durian Digelar di Koto Rambah Pasca Lebaran

- Rabu, 3 Maret 2021 | 19:06 WIB

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Anak Nagari Lubuk Gadang Utara di Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel) bakal menggelar festival dan kontes buah durian yang dipusatkan di Jorong Koto Rambah usai Idul Fitri, kisaran medio Mei - Juni 2021.

Penjabat Wali Nagari (Kepala Desa) Lubuk Gadang Utara, Joni Pardilo menyebutkan ide tersebut muncul ketika melakukan diskusi bersama Duta Petani Andalan Kementerian Pertanian, Attila Majidi Datuk Sibungsu.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Potensi buah durian cukup beragam di Nagari kami. Inilah yang melatarbelakangi lahirnya ide festival dan kontes akan dihelat," katanya ketika dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (3/3/2021).

Joni selaku pucuk pimpinan pemerintahan Nagari mengaku telah mengalokasikan anggaran dana desa sekitar Rp500 - Rp600 juta untuk mengembangkan daerah ekowisata pertanian di wilayahnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Iven tersebut, imbuhnya, akan dilaksanakan di Pulau Asmara Jorong Manggiu dan di Koto Rambah.

"Dalam festival nantinya juga bakal ditampilkan seni tradisi dan atraksi budaya. Selain menikmati Durian dan melihat perkebunan, pengunjung juga disuguhi beragam atraksi," ujarnya.

Pelaksanaan iven tersebut nantinya, diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap masyarakat secara ekonomi.

"Untuk mempersiapkan festival, kami sudah melakukan dan membentuk kepanitiaan dengan melibatkan seluruh Wali Jorong dan anak nagari mileneal," katanya.

Terpisah, Attila Majidi Datuk Sibungsu yang juga pemerhati pertanian mengatakan di Lubuk Gadang Utara berdasarkan data sementara lebih dua ribu batang Durian dengan 32 jenis buah Durian, terbanyak di Jorong Koto Rambah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X