Kunjungi PLN Sumbar, MKI Dukung Penggunaan EBT

- Kamis, 3 Februari 2022 | 16:15 WIB
Kunjungi PLN Sumbar, MKI Dukung Penggunaan EBT
Kunjungi PLN Sumbar, MKI Dukung Penggunaan EBT


PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar sambut kunjungan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Pusat, Kamis (03/02), di Ruang Rapat Bagonjong. Pengurus MKI Pusat hadir bersama Pengurus MKI Wilayah Sumbar guna mensosialisasikan Pengaktifan Kembali MKI Wilayah Sumbar dan memaparkan beberapa program kerja MKI Tahun 2022-2023.

MKI merupakan organisasi independent yang dibentuk pada Tahun 1998 sebagai jembatan komunikasi seputar ketenagalistrikan antara regulator legislator operator. Sebagai contoh, pemerintah menugaskan MKI mengusulkan draf UU ketenalistrikan sekaligus mensosialisasikan UU No 30 Thn 2009 Tentang Ketenagalistrikan tersebut setelah disahkan.

Pada kepengurusan dan program kerja terbarunya, MKI pun menyuarakan dukungannya terkait penggunaan EBT di Indonesia. Disampaikan Andri Doni, Sekjen MKI Pusat, Energi dari hasil pembangkit EBT di Indonesia baru mencapai 23% pada Tahun 2020.

"Harapannya angka ini dapat terus meningkat sejalan dengan target pemerintah untuk Indonesia bebas emisi 2060. Menindaklanjuti ini, MKI pun akan mengawal terealisasinya UU Tentang EBT," ungkap Andri.

Baca Juga: 2 Karya Inovasi PLN Raih Penghargaan Internasional

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo sepakat dengan upaya MKI. Disampaikannya, energi EBT di Sumbar sudah mencapai 49%. "Kami akan mendukung jika pemerintah rencanakan pembangunan pembangkit-pembangkit EBT baru, khususnya di daerah isolated. Namun ada baiknya lokasi diarahkan ke daerah isolated mengingat suplai dari EBT di Sumbar daratan sudah surplus," lanjutnya.

Toni pun menyampaikan bahwa kondisi kelistrikan di Sumbar saat ini dalam kondisi surplus dan aman. Pada Desember 2021, pembangkit-pembangkit di Sumbar menghasilkan energi listrik 778,92 MW dengan beban puncak tertinggi sebesar 619,80 MW. Artinya masih ada surplus cadangan suplai energi listrik sekitar 20,43% atau sebesar 159,12 MW.

Mengingat adanya kelebihan suplai energi listrik yang terbilang besar di Provinsi Sumatera Barat, PLN UIW Sumbar mengundang dan mendukung MKI untuk mengembangkan pembangunan di Sumatera Barat dalam upaya meningkatkan penggunaan listrik.

Baca Juga: Masih Pandemi, Pemerintah Tetapkan Perpanjangan Insentif Pajak

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

X