Ternyata Ini Penyebab Gempa M 5,5 yang Guncang Banten Hari Ini Menurut BMKG

- Jumat, 4 Februari 2022 | 23:14 WIB

HARIAN HALUAN - Gempa mengguncang provinsi Banten dan daerah sekitarnya pada Jum’at, 4 Februari 2022 sekitar pukul 17.10 WIB. Gempa tersebut diketahui berkekuatan M 5,5.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa tersebut berpusat di titik koordinat 7,48 LS dan 105,92 BT pada kedalaman 10 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Dalam penjelasannya BMKG mennyebut penyebab Gempa 5,5 sore itu karena deformasi batuan kerak samudra Lempeng Indo-Australia.

Baca Juga: Duh, Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Begini Penampakannya Semburkan Abu Vulkanik!

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra lempeng Indo-Australia," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno.

Gempa ini sendiri tidak menimbulkan kerusakan, namun dirasakan oleh masyarakat di beberapa daerah di Jawa Barat dan Banten.

Di antaranya daerah Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas IV Modified Mercalli Intensity (MMI), daerah Malingping, Bayah, Cihara, Panggarangan, Ciptagelar, Wanasalam, Sukabumi, Rangkas Bitung, Cireunghas, Cikeusik dengan skala intensitas III MMI.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 Landa Banten, PLN Pastikan Sistem Listrik Jawa Bali Aman

Kemudian daerah Sawarna, Pangalengan, Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Parung Panjang dengan skala intensitas II MMI.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X