Pesawat Milik Susi Pudjiastuti Diusir dari Hanggar Malinau, Mantan Menteri Jokowi Itu Ungkap Kesedihan

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 23:10 WIB
Susi Pudjiastuti duduk di dalam pesawat miliknya. (susiair.com)
Susi Pudjiastuti duduk di dalam pesawat miliknya. (susiair.com)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemilik PT ASI Pudjiastuti, Susi Pudjiastuti, buka suara ihwal pemindahan paksa pesawatnya dari Hanggar Bandara Robert Atty Bessing Kabupaten Malinau.

Ia menyayangkan sikap pemerintah setempat karena penggusuran pesawat dari pusat perawatan tersebut akan mengganggu operasional penerbangan.

“Sebagai pemilih dan saya melihat anak saya (Corporate Secretary Susi Air Nadine Kaiser) struggle, sedih saja, prihatin saja,” ujar Susi dalam konferensi pers virtual, Jumat petang, 4 Februari 2022.

Baca Juga: Operasi Pencarian Bule Hilang di Mentawai Libatkan Pesawat Susi Air 

Pesawat Susi Air diusir dari Hanggar Malinau pada 2 Februari 2022 oleh pemerintah kabupaten setempat. Pemerintah berkukuh bahwa kontrak sewa hanggar telah habis, namun sejatinya manajemen Susi Air menyatakan telah mengajukan perpanjangan kontrak sejak November 2021.

Menurut Susi, seharusnya Pemerintah Kabupaten Malinau bersikap bijak. Sebab, keputusan pemerintah tersebut berpotensi merugikan masyarakat yang membutuhkan akses transportasi ke titik-titik terluar dan tidak bisa terjangkau dengan moda angkutan darat.

“Seperti daerah perbatasan antara Krayan, Long Bawan-Long Apung itu bisa dilayani oleh Susi Air. Kalau pakai speed boat, butuh waktu (perjalanan) 8 jam,” ujar Susi.

Selain itu, insiden pengusiran paksa membuat operasional penerbangan Susi Air terganggu. Padahal, Susi menyebut, maskapainya telah beroperasi di Kalimantan Utara dan sekitarnya sejak 2007-2008 untuk melayani kebutuhan penerbangan perintis.

Baca Juga: Waduh! Pilot Susi Air Disandera KKB Papua: Ditodong Senjata, Dilarang Bawa TNI-Polri

Selama 14 tahun itu, kata dia, masyarakat telah terbiasa dengan Susi Air. Data manajemen menunjukkan kebutuhan masyarakat terhadap Susi Air tinggi lantaran okupansi penerbangan atau seat load factor-nya setiap hari mencapai 80-90 persen.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

MRT Jakarta Fase 3 Akan Segera Terwujud

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:31 WIB
X