Ingat Ya! Tidak Semua Pasien Covid-19 Gejala Ringan Bisa Isolasi Mandiri, Simak Penjelasan Ini

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 13:12 WIB
Ilustrasi pasien Omicron yang harus melakukan isoman di rumah (Pexels / Vanesha Chaves / Cover Both Side)
Ilustrasi pasien Omicron yang harus melakukan isoman di rumah (Pexels / Vanesha Chaves / Cover Both Side)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mengizinkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi pasien Covid-19 jika ingin melakukan isolasi mandiri.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, warga yang bisa menjalani isolasi mandiri adalah pasien berusia kurang dari 45 tahun. Kedua, tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

"Tempat isomannya memiliki kamar terpisah dan ada kamar mandi di tempat isoman," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 4 Februari 2022.

Baca Juga: Ini Tiga Jenis Paket Obat untuk Pasien Isoman di Sumbar

Selain itu, ada sejumlah syarat tambahan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan. Di antaranya, dapat mengakses layanan telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, berkomitmen tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar, dan dapat menggunakan pulse oximetry atau alat pengukur saturasi oksigen.

"Jika orang yang positif tanpa gejala dan orang dengan gejala ringan tidak memenuhi satu saja dari syarat tersebut, maka perlu melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat yang tersedia di tempat tinggal," ucapnya.

Waktu Isolasi
Wiku menyebut, waktu isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala minimal 10 hari. Bagi pasien bergejala ringan, isolasi mandiri minimal 10 hari dengan penambahan 3 hari bebas gejala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Setelah Isolasi Mandiri, Inilah Waktu Terbaik Lakukan Tes Antigen

"Terkait kebijakan exit test untuk menyelesaikan isoman, berdasarkan situasi dan kondisi terkini, maka hanya diwajibkan pada kasus positif yang telah merasakan perbaikan gejala pada hari kelima dan keenam isolasi," terangnya.

Menurut Wiku, pasien bisa menyelesaikan masa isolasi jika hasil Cycle Threshold (CT) value tes Polymerase Chain Reaction (PCR) lebih dari 35 selama dua kali berturut-turut dengan selang waktu 24 jam.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X