PMI Sumbar dan Koica Latih Anak Usia Dini Siaga Bencana di Bukittinggi

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 20:25 WIB
Belajar tanggap bencana Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Coorperation Agency (KOICA) di Bukittinggi.
Belajar tanggap bencana Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Coorperation Agency (KOICA) di Bukittinggi.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Demi meningkatkan kesiapsiagaan bencana sejak dini, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Coorperation Agency (KOICA) ajak anak-anak Sumatera Barat belajar tanggap darurat bencana melalui program Koica for Kids (5/2/2022).

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat Aristo Munandar saat menyaksikan keseruan siswa-siswi mengikuti rangkaian kegiatan Koica for Kids mengatakan, pembekalaan sejak dini tersebut mudah-mudahan akan membekas hingga tumbuh dewasa.

"Kalau edukasi ini diberikan sejak usia dini, mudah-mudahan akan selalu teringat sampai mereka dewasa," tuturnya.

Menurutnya, Koica for Kids menggunakan metode edukasi yang tepat untuk diterapkan kepada anak-anak. Di mana di situasi pandemi ini, anak-anak sangat membutuhkan media belajar yang menarik dan interaktif.

Koica for Kids juga membantu PMI mempersiapkan kader relawan kemanusiaan untuk masa yang akan datang.

"Karena siswa-siswa sekolah dasar dapat dikategorikan kepada Palang Merah Remaja (PMR) Mula," kata Ketua PMI Sumbar.

Aristo berterimakasih kepada Koica dan PMI Pusat telah memilih Sumatera Barat sebagai tempat untuk menyelenggarakan program Koica for Kids.

"Terimakasih juga kepada pihak sekolah dan PMI Bukittinggi yang telah bekerjasama dengan baik menyukseskan kegiatan ini," ucapnya.

Selain itu, rasa bangga juga dirasakan oleh Rika Sasriyanti, Kepala SD Islam Excellent Plus Bukittinggi, karena sekolahnya menjadi salah satu pilihan PMI dalam melaksanakan kegiatan.

Ia bersyukur siswa-siswinya diberikan pemahaman tentang pencegahan penyebaran Covid-19, kesiapsiagaan bencana dan pertolongan pertama pada luka bakar dan luka lecet serta lebam, yang mana sangat rentan terjadi pada anak-anak.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X