8 Napi Solsel Kabur, Diduga Ada Tangga Kayu di Bagian Ventilasi Bagian Luar

- Jumat, 30 April 2021 | 18:11 WIB

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Delapan narapidana (napi) di Rutan Kelas IIB Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) kabur melewati ventilasi udara yang dijebol menggunakan gergaji dan diduga turun menggunakan tangga kayu yang sudah berada di bagian luar, pada Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 20.00 WIB - 20.30 WIB.

"Ventilisasi itu informasinya memang digergaji. Kita gak tau dimana bisa dapat tangga itu. Tapi posisinya bukan dibelakang kamar itu. Dapatnya, gak tau bisa dapat tangga itu," kata Kepala Rutan Kelas IIB Muara Labuh, Sarwono saat dihubungi, Jumat (30/4/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Delapan napi yang kabur tersebut, imbuhnya memanfaatkan situasi sedang salat tarawih.

"Dari delapan napi ini ada yang masa hukuman sampai 15 tahun karena terlibat beberapa kasus. Dan satu warga binaan belum inkrah atau masih dalam upaya hukum, banding ke Mahkamah Agung," sebutnya.

Pihaknya mengaku melakukan koordinasi intens dengan petugas Kepolisian, TNI dan Pemerintahan Nagari dan menyisir di daerah perbatasan.

"Pencarian dari semalam sudah dilakukan. Untuk lebih jelas, selanjutnya bisa hubungi pihak Kanwil Kemenkumham Sumbar," ucapnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto mengatakan pencarian napi yang kabur dari rutan kelas II B Muara Labuh sudah dimulai sejak Kamis malam, dengan menyekat wilayah perbatasan dan menerjunkan sekitar 20 orang personil kepolisian.

"Ada sekitar 20 personil yang diterjunkan dari Polsek Sungai Pagu dan Polsek Koto Parik Gadang Diateh, untuk melakukan pencarian. Selain itu untuk menyekat akses jalan keluar," tuturnya.

Sedangkan delapan identitas narapidana yang kabur yaitu Suriadi Kabailangan (32), Perkara Tindak Pidana Pencurian pasal 363 ayat 2 KUHP dengan lama pidana dua tahun dengan sisa pidana satu tahun lima bulan empat hari.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

22 JCH Padang Panjang Lakukan Vaksinasi Booster

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:50 WIB
X