PSBH Uhamka Penelitian di Pontren Kauman Padang Panjang

- Minggu, 13 Februari 2022 | 13:50 WIB
PSBH Uhamka Penelitian di Pontren Kauman Padang Panjang
PSBH Uhamka Penelitian di Pontren Kauman Padang Panjang

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Pusat Study Buya Hamka (PSBH) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Jakarta melakukan kunjungan penelitian di Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Tim yang terdiri dari empat dosen Uhamka dan satu mahasiswa program doktor di Internasional Islamic University Malaysia (IIUM) ini, diterima mudir pontren beserta jajaran di ruang kerjanya, Sabtu, (12/2).

Ketua tim yang juga merupakan Wakil Rektor IV Uhamka, Dr. Benyamin menyebutkan tujuan kedatangan rombongan ingin tahu lebih banyak mengenai Kulliyatul Muballighien yang merupakan sekolah yang didirikan Buya Hamka.

"Tim ingin mengkaji lebih dalam tentang kaitan Buya Hamka dengan Kulliyatul Muballighien Kauman Padang Panjang. Seberapa besar pengaruh Buya Hamka terhadap tumbuh dan kembangnya sekolah yang pernah dipimpin beliau. Apa-apa saja yang telah beliau tinggalkan yang sangat membekas di sini" ungkapnya.

Baca Juga: Pilkades Serentak Kota Pariaman Sukses, Genius Umar Vidcon dengan Dirjen Kemendagri

Dari hasil penelitian ini, lanjutnya, akan lahir ensiklopedia tentang Buya Hamka dan Kulliyatul Muballighien.

"Saat ini Ensiklopedia Hamka sudah ada. Hanya saja baru tentang Hamka secara nasional. Kita ingin membuat ensiklopedia Hamka yang lebih terfokus dengan perjuangan beliau di sekolah ini," katanya.

Sementara Mudir Pontren, Dr. Derliana, M.A menjelaskan sejarah berdirinya Kauman, serta perkembangan Muhammadiyah yang dimotor Buya Hamka tidak hanya di Sumatera Barat tetapi juga merambah sampai nasional.

Derliana juga menyampaikan, apapun yang menjadi warisan Hamka tetap dijaga dan dirawat dengan baik.

Baca Juga: Pria di Padang Pariaman Ini Tega Aniaya Istrinya Hingga Koma

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X