BPJPH Kemenag Segera Terbitkan Sertifikat Halal Vaksin Merah Putih

- Senin, 14 Februari 2022 | 19:30 WIB
Illustrasi Foto Vaksin Merah Putih (Pikiran Rakyat)
Illustrasi Foto Vaksin Merah Putih (Pikiran Rakyat)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menerbitkan sertifikat halal Vaksin Merah Putih.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham yang dilansir dari laman Kemenag, Senin (14/2/202022) menjelaskan, penerbitan sertifikat halal adalah ujung dari proses Sertifikasi Halal.

Berdasarkan UU 33 tahun 2014 dan PP Nomor 39 tahun 2021, sertifikat halal diterbitkan oleh BPJPH, setelah melalui sejumlah tahapan, antara lain, audit produk oleh lembaga pemeriksa halal (LPH) dan penetapan halal produk oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama (MUI).

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Diproduksi Massal pada Juli 2022

“BPJPH Kemenag segera terbitkan sertifikat halal menyusul terbitnya penetapan halal MUI untuk Vaksin Merah Putih yang diproduksi PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia,” jelas Muhammad Aqil Irham.

Dijelaskan, Vaksin Merah Putih telah ditetapkan kehalalannya melalui Sidang Fatwa MUI tanggal 7 Februari 2022. Sebelumnya, LP POM MUI selaku LPH telah melakukan audit terhadap Vaksin Merah Putih tersebut.

“Jadi MUI menerbitkan ketetapan halal dan BPJPH menerbitkan sertifikat halal," katanya lagi.

Aqil lalu merinci proses penerbitan sertifikat halal suatu produk yang kemudian dikenal dengan istilah sertifikasi halal.

Menurut Aqil, dalam menetapkan kehalalan suatu produk yang diajukan pelaku usaha, BPJPH bekerjasama dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan MUI. Saat ini ada tiga LPH di Indonesia, yaitu LP POM MUI yang sudah lama berdiri,  LPH Sucofindo dan LPH Surveyor Indonesia.

Baca Juga: Pakar Mikrobiologi UGM Sebut Vaksin Merah Putih Bisa untuk Booster

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X