Menko Luhut Kembali Pangkas Waktu Karantina Mandiri PPLN, Ini Syaratnya

- Selasa, 15 Februari 2022 | 13:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Saat Memberikan Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, 16 Januari 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Saat Memberikan Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, 16 Januari 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, HarianHaluan.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, kembali mengubah aturan terkait karantina mandiri.

Luhut mengatakan, waktu karantina mandiri akan dipangkas menjadi tiga hari pada pekan depan. Dia menjelaskan pemberlakuan ini berlaku untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) untuk WNI maupun WNA.

Lebih lanjut, mantan Menkopolhukam ini menyatakan pemangkasan ini ditujukan bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi booster. Pemberlakuan yang kemungkinan diterapkan 1 Maret 2022 bisa diterapan apabila situasi terus membaik.

“PPLN baik WNA-WNI yang telah melakukan booster, lama karantina dapat berkurang menjadi tiga hari. Dengan syarat diantaranya tetap melakukan entry dan exit tes PCR,” ujar Luhut dalam keterangan pers (14/2)

Baca Juga: Beberkan 'Kekuatan' Omicron, Luhut: Hanya Dua Kali Lebih Parah daripada Flu

Bahkan, kedepannya Luhut mengatakan apabila situasi pandemi Covid-19 semakin membaik, maka ada kemungkinan pemerintah akan menerapkan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pada 1 April 2022 mendatang.

Namun, penerapan bebas karantina ini akan dilakukan secara bertahap, karena harus melihat perkembangan kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Ke depan jika situasi terus membaik, pemerintah berencana 1 Maret atau mungkin lebih awal dari 1 Maret, hari karantina akan diturunkan menjadi 3 hari untuk seluruh PPLN,” ujar Luhut

Sementara itu, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level di wilayah Jawa-Bali diperpanjang hingga sepekan ke depan yaitu sampai dengan 21 Februari 2022.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X