KPK Resmi Sita Aset eks Pejabat Pajak Angin Prayitno Aji Senilai 57 M

- Rabu, 16 Februari 2022 | 15:21 WIB
Eks Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak, Angin Prayitno Aji. (Dok. Ditjen Pajak)
Eks Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak, Angin Prayitno Aji. (Dok. Ditjen Pajak)

Jakarta, HarianHaluan.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menyita aset eks pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Angin Prayitno Aji, senilai Rp57 miliar.

Penyitaan ini terkait dengan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji.

"Sejauh ini aset-aset yang telah disita tersebut bernilai ekonomis sekitar Rp57 miliar," ujar Plt. Juru Bicara Penindakan#KPK, Ali Fikri,dalam keterangan pers Rabu (16/2).

Lebih lanjut, KPK menegaskan bahwa langkah penyitaan asset ini dilakukan agar penegakan hukum tindak pidana korupsi memberikan efek jera bagi pelaku sekaligus sumbangsih bagi penerimaan kas negara.

Baca Juga: Konversi PLTD Jadi Pembangkit EBT, PLN Gandeng KPK Dalam Proses Pengadaan

“KPK mengupayakan asset recovery tersebut di antaranya melalui tuntutan uang pengganti, denda, maupun perampasan aset melalui penerapan TPPU," Ujar Ali Fikri

Terkait kasus yang menimpa Angin Prayitno Aji, KPK menuturkan telah melakukan penyitaan berbagai aset yang diduga terkait dengan perkara. Di antarnya berupa bidang tanah dan bangunan.

“Sejauh ini aset-aset yang telah disita tersebut bernilai ekonomis sekitar Rp57 miliar,” Ujar Ali Fikri

Sebelumnya, mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak, Angin Prayitno Aji divonis hukuman 9 tahun penjara dan denda sebesar Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta .

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X