LBH Desak Polresta Padang Segera Usut Kasus Dugaan Malpraktik Puskesmas Ulak Karang

- Rabu, 16 Februari 2022 | 19:21 WIB
Murniati (43), saat di LBH Padang.
Murniati (43), saat di LBH Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Orang tua anak berumur 12 tahun, yang diduga menjadi korban malpraktik Puskesmas Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, sudah menempuh jalur hukum, karena tidak terima anaknya terancam menyandang disabilitas atas kelalaian yang dilakukan oleh petugas medis di Puskesmas Ulak Karang.

Hal ini dikatakan Murniati (43), ibu dari AK (12), seorang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar yang diduga menjadi korban malpraktik Puskesmas Ulak Karang, berupa salah pemberian obat mata, Rabu (16/2/2022).

"Saya telah melaporkan kejadian ini ke Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, serta telah membuat laporan polisi ke Polresta Padang atas dugaan Puskesmas Ulak Karang telah melakukan malpraktik sehingga menyebabkan mata kiri anak saya mengalami luka berat," ujar Murniati (43), saat di LBH Padang.

Sementara itu, Direktur LBH Padang, Indira Suryani meminta agar Polresta Padang segera mengusut kasus dugaan malpraktik yang menyebabkan AK terancam kehilangan separuh kemampuan penglihatannya itu. Menurutnya pihak Puskesmas Ulak Karang harus bertanggung jawab penuh atas kelalaian yang mereka lakukan.

"Kami meminta Polresta Padang agar segera mempercepat proses hukum kasus ini, selain itu kami juga meminta Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan untuk segera menjatuhkan sanksi administrasi kepada pihak Puskesmas, karena akibat kelalaian yang dilakukannya, si anak terancam mengalami cacat seumur hidup," ucapnya.

Indira juga mendesak supaya korban segera mendapatkan tindakan pemulihan, karena menurutnya, proses pendidikan AK saat ini terhenti, karena ia juga mengalami tekanan mental dan psikis atas kondisi yang dialaminya.

"Lebih penting lagi saat ini, yang dibutuhkan oleh AK adalah tindakan pemulihan dan pendampingan dari psikolog atau psikiater, karena akibat kelalaian itu AK mengalami tekanan batin dan harus mengubur cita-citanya menjadi polisi," tutup Indira.(*)

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Alizar Terpilih Jadi Ketua LPM Korong Gadang Padang

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:16 WIB

Vaksinasi Booster Wajib Bagi ASN Padang

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:09 WIB

Kehadiran Tugu Apeksi Bikin Padang Kian Semarak

Senin, 1 Agustus 2022 | 11:40 WIB
X