Rusia Dijatuhi Sanksi AS! Jerman dan Belanda Kirimkan Rudal Beserta Anti-Tank

- Minggu, 27 Februari 2022 | 11:06 WIB
Foto tentara Ukraina/Andrew Marienko/AP
Foto tentara Ukraina/Andrew Marienko/AP

HARIANHALUAN.COM - Akibat invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina membuat sejumlah pemimpin Eropa menjatuhkan sanksi. Bahkan, Jerman dan Belanda ikut mengirimkan bantuan rudal dan anti-tank ke Ukraina.

Gedung Putih mengumumkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia pada Sabtu malam, 27 Februari 2022.

AS, bersama dengan Komisi Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Inggris, dan Kanada, memutuskan beberapa bank Rusia dari jaringan perbankan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

Baca Juga: Elon Musk Tanggapi Permohonan Wakil Perdana Menteri Ukraina, Layanan Internet Kecepatan Tinggi Sudah Aktif!

"Dan menerapkan tindakan pembatasan yang akan mencegah Rusia Bank Sentral dari mengerahkan cadangan internasionalnya dengan cara yang merusak dampak sanksi kami," kata pernyataan Gedung Putih.

"Ini akan memastikan bahwa bank-bank ini terputus dari sistem keuangan internasional dan membahayakan kemampuan mereka untuk beroperasi secara global," lanjutnya.

"Kami berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah untuk membatasi penjualan kewarganegaraan - yang disebut paspor emas - yang memungkinkan orang kaya Rusia yang terhubung dengan pemerintah Rusia menjadi warga negara negara kami dan mendapatkan akses ke sistem keuangan kami" tambah Gedung Putih.

Baca Juga: Dampak Gempa 25 Februari di Sumbar, Kubah Masjid Agung Pasaman Barat Roboh

AS juga akan meluncurkan satuan tugas trans-Atlantik yang akan memastikan penerapan sanksi keuangan yang efektif dengan mengidentifikasi dan membekukan aset individu dan perusahaan yang terkena sanksi yang ada di dalam yurisdiksinya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB
X