Gunung Semeru Berdentum Hebat, Warga Cemas dan Berhamburan Keluar Rumah

- Rabu, 2 Maret 2022 | 13:38 WIB
Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas dan Abu Vulkanik. (Dok, Twitter)
Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas dan Abu Vulkanik. (Dok, Twitter)

HARIANHALUAN.COM - Gunung Semeru diperkirakan oleh warga mengeluarkan suara dentuman hebat, saking kerasnya bunyi tersebut membuat warga cemas dan berhamburan keluar rumah.

"Dua orang warga menghubungi saya menanyakan terkait adanya letusan karena warga mendengar dentuman-keras">dentuman keras," kata Sekretaris Desa Penanggal, Amin dilansir dari kontan.id pada Rabu (2/3/2022).

Warga yang menduga dentuman-keras">dentuman keras dari Gunung Semeru itu berada di lereng Gunung Semeru di Dusun Krajan, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Selasa (1/3/2022) pukul 22.30 WIB. 

Baca Juga: Waspada! Ada Fakta Ancaman Patahan Baru di Gunung Talamau Pasaman Barat, Selama Ini Belum Terdeteksi

Amin menyatakan kebenaran dentuman yang didengar warganya. Menurutnya, sudah ada dua warga yang menghubunginya untuk memastikan suara dentuman tersebut letusan Gunung Semeru atau bukan.

Sedangkan terkait kepastian bunyi dentuman-keras">dentuman keras itu, Amin belum bisa mengetahui asal dentuman suara tersebut. Namun, Amin tetap mengimbau warganya untuk tetap tenang dan menunggu informasi dari pos pantau.

Sementara itu, dari hasil pantauan di lokasi, hujan abu cukup deras mengguyur lereng gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Daerah yang diguyur hujan abu adalah Desa Supit Urang, Desa Sumberwuluh, Desa Sumbermujur, Desa Penanggal, hingga Desa Jarit.

Baca Juga: Hore! Sesuai Arahan Presiden, Pekerja ter-PHK Atau Mengundurkan Diri Tetap Dapat JHT Sebelum Usia Pensiun

Belum ada keterangan resmi dari pos pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang terkait dentuman dan hujan abu tersebut.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Semeru, Jawa Timur, menunjukkan peningkatan. Terpantau, gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa itu meluncurkan lava pijar pada Selasa (1/3/2022) pagi

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: kontan.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X