Nyamar Sebagai Polisi Gadungan, Napi di Riau Gondol Rp374 Juta dari Wanita Bersuami

- Selasa, 8 Maret 2022 | 06:43 WIB
Ilustrasi penipuan (Pixabay/tswedensky )
Ilustrasi penipuan (Pixabay/tswedensky )

HARIANHALUAN.COM - Berhasil menggondol Rp374 juta dari seorang wanita yang telah bersuami, seorang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau nyamar sebagai anggota Polisi.

Napi bernama Arya Agi Suanto itu berhasil memperdayai seorang wanita bersuami. Saat itu pada Oktober 2020, ketika Arya masuk pertama kali ke dalam Lapas Bagan Siapiapi karena perkara narkotika. Di dalam lapas, dirinya membeli satu unit handphone dari napi lainnya seharga Rp200 ribu.

Dengan menggunakan telepon seluler tersebut, Arya berpura-pura menjadi anggota Polri dan aktif di media sosial Facebook. Kebetulan juga di HP tersebut sudah ada Akun Facebook atas nama Andi Sumarno dengan menggunakan foto berseragam Polisi.

Baca Juga: Hari Ini Kepala Daerah se-Indonesia Siap-siap, Pemda Bakal Diganjar Penghargaan 

Dia kemudian mulai mencari pertemanan dan menemukan akun Facebook seorang wanita berinisial R. Arya lalu meminta pertemanan dan melakukan pendekatan dengan pemilik akun Facebook tersebut.

Setelah berhasil melakukan pendekatan, Arya meminta kepada R untuk bertukar nomor HP. Keduanya pun intens menjalin komunikasi. Arya kemudian mengajak untuk menjalin hubungan lebih serius, namun saat itu ditolak oleh R karena telah memiliki suami.

Namun dengan bujuk rayunya, akhirnya R menerima tawaran Arya untuk menjalin hubungan lebih serius karena saat itu dirinya sedang ada masalah dengan suaminya.

Sejak saat itu, R sering menghubungi Arya melalui telepon dan video call. Saat komunikasi dengan panggilan video, Arya menggunakan video rekaman orang lain dengan menggunakan seragam Polisi berpangkat Inspektur Dua (Ipda), dengan menggunakan 2 unit HP.

Baca Juga: Cara Mengisi e-HAC Terbaru Sebelum Berangkat ke Bandara

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: riau.harianhaluan.com

Tags

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X