Dana Pensiun PNS Bakal Didesain 50 Persen dari Total Penghasilan, Bukan Gaji Pokok Kata Prof Zudan Arif

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 09:57 WIB
Ilustrasi PNS. Dana Pensiun PNS Bakal Didesain 50 Persen dari Total Penghasilan, Bukan Gaji Pokok Kata Prof Zudan Arif (pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi PNS. Dana Pensiun PNS Bakal Didesain 50 Persen dari Total Penghasilan, Bukan Gaji Pokok Kata Prof Zudan Arif (pikiran-rakyat.com)

HARIANHALUAN.COM - Sistem dana pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal didorong dan didesain 50 persen dari total penghasilan, bukan dari gaji pokok. Hal ini diungkapkan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Profesor (Prof) Zudan Arif Fakrulloh.

"Korpri mendorong perbaikan kesejahteraan pensiunan PNS, termasuk dengan meningkatkan nominal tunjangan pensiun,” ujar Prof Zudan.

Dia mengatakan idealnya dana pensiun PNS memang terus meningkat dari masa ke masa.

Baca Juga: Terancam! PNS Bakal Berkurang Hingga 40 Persen, Terkait Rencana Transformasi Digital

Prof Zudan menghitung angka ideal tunjangan pensiun bagi PNS adalah 50 persen dari total penghasilan, bukan semata-mata dari gaji pokok saja seperti yang saat ini berlaku. 

"Mudah-mudahan besok kalau kita (PANS) pensiun, bulanan kita tidak dapat seperti yang sekarang, tetapi mudah-mudahan bisa didesain sistem pensiun setidak-tidaknya saat pensiun nanti menerima sebesar kurang lebih 50 persen dari penghasilan saat ini. Bukan dari gaji pokok," kata Prof Zudan dilansir dari JPNN.com pada Sabtu (12/3/2022).

Selain itu, pihaknya memaparkan tentang program Korpri untuk lima tahun ke depan. 

Baca Juga: Akankah Hotman Paris Jadikan Mawar AFI Asisten Pribadinya?

Prof Zudan menegaskan sejak awal kepengurusan DPKN 2015-2021 dirinya mendorong adanya perbaikan skema pengelolaan dana pensiun PNS.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: jpnn.com

Tags

Terkini

X