Netizen Twitter Ramai Curhat Mengenai SiCepat, Nasib Kurir di Ujung Tombak

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 21:35 WIB
SiCepat Ekspress. Foto/Google.
SiCepat Ekspress. Foto/Google.

HARIAN HALUAN – Nasib kurir SiCepat Ekspres yang tengah menghadapi PHK massal kini berada di ujung tombak.

Diduga, PHK yang dilakukan SiCepat bertujuan untuk memindahkan kurir dalam mekanisme penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain (Outsourcing).

Namun, netizen menilai PHK yang dilakukan PT SiCepat Express tersebut janggal. Hal itu lantaran perusahaan melakukan pemangkasan dengan melampirkan surat pengunduran diri kepada kurir, disertai tanda tangan dengan tujuan tanpa adanya pesangon.

Seperti yang dikomentari oleh pengguna Twitter @19reasonswhy_

"@sicepat_ekspres  treat human with humanity. Gelombang PHK massal & memaksa utk membuat surat pengunduran diri hanya spy tdk membayar pesangon & hak2 pegawai lainnya adlh hal yg tdk professional. Apalagi oleh company yg sebesar ini, Customer respect otomatis jadi berkurang," tulisnya.

Baca Juga: SiCepat PHK Ratusan Kurir, Tapi Kok Malah Disodori Surat Pengunduran Diri?

"Dan apakah ga ada alternatif lain untuk menekan operational cost nya?. Anyway untuk seluruh pegawai yg terkena PHK semoga cepat mendapatkan pekerjaan lagi." tambahnya.

Kemudian, netizen lain juga menduga bahwa PHK dengan alasan outsourching adalah untuk menghemat anggaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan SiCepat.

"Ini kayaknya biar hemat. Kalau nanti pekerjanya dari outsourching, maka perusahaan nggak ambil pusing. Semua tanggung jawab dilempar ke perusahaan outsourching. Strategi lebaran juga. Memecat karyawan, agar pengeluaran untuk THR lebih rendah. Dulu Mayora juga gini." tulis pengguna lain @aginggie.

Salah seorang netizen yang mengaku sebagai kurir SiCepat juga mengeluhkan pengunduran diri yang dianggap sebagai pemaksaan dengan dimintai tanda tangan.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita Asal Cina Alami Kecelakaan di Gunung Rinjani

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:48 WIB
X