Apakah Layanan Ambulans Ditanggung BPJS? Kenali Syarat dan Prosedurnya

- Minggu, 13 Maret 2022 | 22:51 WIB
Foto/Google.
Foto/Google.

HARIAN HALUAN - Informasi mengenai pelayanan ambulans BPJS Kesehatan dan ketentuan ambulans yang dicover oleh BPJS, memang selayaknya diketahui oleh masyarakat.

Berbagai pertanyaan pun muncul dibenak masyarakat terkait berapa gocek yang harus dikeluarkan oleh pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

Misalnya seperti, apakah BPJS menanggung biaya ambulans? Apakah ambulans ditanggung BPJS? Apakah ambulans bisa memakai BPJS?

Dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan, manfaat BPJS adalah benefit atau jaminan sosial kesehatan yang menjadi hak peserta dan atau anggota keluarganya yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan.

Baca Juga: Catat! Berikut Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Diketahui, layanan tersebut mencakup promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan.

Pelayanan kesehatan yang dijamin terdiri atas pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, pelayanan gawat darurat serta pelayanan ambulans darat dan air.

Dengan demikian, biaya ambulans pasien BPJS masuk sebagai salah satu jaminan dalam manfaat BPJS Kesehatan. Hanya saja, terdapat prosedur yang mengatur pelayanan ambulans BPJS.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, BPJS Kesehatan Jadi Syarat Jual Beli Tanah

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X