Komnas HAM Segera Periksa Densus 88 Terkait Penembakan yang Menewaskan Dokter Sunardi

- Senin, 14 Maret 2022 | 15:47 WIB
Foto/Google.
Foto/Google.

HARIAN HALUAN - Komisi Nasional Hak Asasai Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa Tim Densus 88 terkait penembakan yang menewaskan tersangka teroris Dokter Sunardi di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Terkait pemeriksaan itu, Kabag Ops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, mengaku siap memberikan keterangan apabila pihaknya diperiksa oleh Komnas HAM.

"Insyaallah kami akan hadir," kata Aswin, Senin (14/3/2022).

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkap, kasus tewasnya tersangka teroris saat penangkapan oleh Densus 88 kini tengah menjadi perhatian di lembaganya.

Baca Juga: Sosok Tertutup Dokter Sunardi yang Ditembak Mati Densus 88, Sang Istri Juga Seorang Dokter

Ia menyebut, saat ini Komnas HAM sedang mengumpulkan sejumlah informasi atas tewasnya tersangka teroris  Sunardi.

"Kami sedang mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai pihak ya walaupun ini belum mendalam, termasuk juga informasi yang berkembang di publik yang juga ditulis oleh rekan-rekan media. Namun demikian juga beberapa hari terakhir ini ada rekan sejawat dari dokter Sunardi yang dari IDI Sukoharjo juga berkomunikasi dengan Komnas HAM meminta atensi kepada Komnas HAM untuk melakukan monitoring pemantauan terhadap peristiwa ini," terang Choirul lewat video virtual, Minggu (13/3/2022).

Sejauh ini Komnas HAM diungkap Choirul, belum menemui lansung pihak IDI. Sementara pertemuan dengan pihak kepolisian direncanakan akan dilakukan pekan depan.

"Yang berikutnya adalah karena kami juga sudah melakukan penggalian informasi awal dari berbagai sumber informasi termasuk informasi yang sudah ada di publik yang ditulis oleh rekan-rekan media, kami berencana ya minggu depan kami akan meminta keterangan kepada pihak kepolisian khususnya kepada pihak Densus 88. Agar apa, agar sesegera mungkin kami mendapatkan semua informasinya dan membuat terangnya peristiwa," paparnya.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X