Rusia Blokir Instagram, Meta pun Diancam

- Selasa, 15 Maret 2022 | 19:10 WIB
Ilustrasi Instagram ngelag saat digunakan (PIXABAY)
Ilustrasi Instagram ngelag saat digunakan (PIXABAY)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rusia menepati ancamannya terhadap Instagram secara menutup aplikasi media sosial milik Meta itu sejak Senin 14 Maret 2022.

Pemantau Internet GlobalCheck melaporkan, Instagram tak bisa diakses sebagian besar pengguna di negara itu. Instagram menjadi media sosial ketiga yang diblokir Rusia setelah Facebook dan Twitter.

Apa saja fakta yang terjadi selama Rusia memblokir Instagram?

Baca Juga: Fitur Terbaru Instagram untuk Tingkatkan Keamanan Remaja

Pengguna Instagram dan Facebook boleh menghujat tentara Rusia

Perusahaan teknologi Meta dalam beberapa pekan belakangan membuat kebijakan baru terkait invasi Rusia ke Ukraina. Induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp itu mengizinkan pengguna Facebook dan Instagram di negara di Ukraina, Rusia, Polandia, Latvia, Lithuania, Estonia, Slowakia, Hungaria, dan Rumania menyerukan hujatan terhadap tentara Rusia.

Kebijakan yang dimaksud, ujaran kebencian tak perlu diblokir jika tertuju kepada pasukan Rusia. Juru bicara Meta, Andy Stone mengonfirmasi adanya perubahan kebijakan itu. “Tapi kami melarang seruan kekerasan terhadap warga sipil Rusia,” kata Stone.

Rusia mengancam Meta

Kebijakan Meta yang memperbolehkan hujatan kepada tentara Rusia kemudian mendapat respons. Rusia meminta konfirmasi kepada Meta atas kebenaran isi pemberitaan itu. Rusia menyampaikan ancaman pelarangan Instagram pada Jumat, 11 Maret 2022. Tak hanya ancaman pelarangan Instagram, Kejaksaan di Rusia juga mengajukan petisi untuk melabeli Meta sebagai organisasi teroris.

Baca Juga: China Bantu Invansi Rusia ke Ukraina, AS Berikan Kecaman Keras

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

X