Pengunduran Diri Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar Ditolak

- Rabu, 16 Maret 2022 | 11:33 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Jakarta, HarianHaluan.com – Majelis Utama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa KH. Miftachul Akhyar sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum MUI. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan.

Lebih lanjut, Amirsyah menyatakan bahwa forum rapat pimpinan (Rapim) MUI secara aklamasi telah menolak pengunduran diri KH. Miftacul Akhyar.

“Secara aklamasi dan mufakat beliau diputuskan tetap sebagai ketua umum. Artinya permohonan mundur sebagai ketum MUI tidak terima atau ditolak karena amanah Munas MUI X beliau memimpin MUI 2020- 2025," Ujar Amirsyah Rabu (16/3).

Lebih lanjut, Ia menilai sosok Miftachul Akhyar masih dibutuhkan untuk mempersatukan umat.

Baca Juga: Catat! MUI Kembali Izinkan Shalat Jumat, Tarawih dan IED dengan Shaf Rapat

"Sebagai ulama yang rendah hati, tawadu', dan mengayomi, beliau sebagai pemimpin umat baik sebagai Rais Am di NU maupun di MUI dibutuhkan untuk mempersatukan umat di tengah suasana umat dan bangsa menghadapi pemulihan ekonomi” Ujar Amirsyah

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menyebut bahwa keputusan Rais Aam#PBNU Miftachul Akhyar untuk mundur dari posisi Ketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah final.

"Sampai hari ini Rais Aam itu masih menyatakan itu keputusan final dari pihak beliau dan beliau tidak ingin mengubah keputusan itu," Ujar Yahya kepada wartawan di kantor#PBNU, Selasa (15/3/2022).

Seperti yang diketahui, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Achyar mengirimkan surat pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X