Terkait Pernikahan Adik Jokowi dan Kedua MK, Jamiluddin Ritonga: Pernikahan Politik Ancam Indepedensi MK

- Selasa, 22 Maret 2022 | 12:33 WIB

JAKARTA, HARIAN HALUAN - Rencana pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati menuai polemik.

Di satu sisi, banyak yang menilai pernikahan tersebut sebagai hak privasi. Karena itu, pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi seharusnya tidak menjadi perbincangan publik.

"Memang kalau kita lihat dari sisi privasi, pernikahan mereka selayaknya dianggap hal biasa, sebagaimana pernikahan pada umumnya," kata pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga kepada media ini, Selasa, 22 Maret 2022.

Baca Juga: Singgung Hutang Negara, Fadli Zon: Kita Juga Memang Pawang Utang

Namun jika dilihat dari sisi lain, kata Jamil, pernikahan mereka dinilai sebagai pernikahan politis. Pernikahan mereka ini dikhawatirkan akan berdampak pada indepedensi lembaga yudikatif, khususnya MK.

"Kekhawatiran itu menjadi beralasan mengingat saat ini banyak kasus gugatan yang sedang berproses di MK berkaitan dengan eksekutif, khususnya Jokowi," katq Jamik.

Dengan pernikahan tersebut, sebut Jamil, dimungkinkan MK akan menghadapi konflik kepentingan. MK dikhawatirkan akan mendahulukan kepentingan eksekutif dibandingkan untuk menegakkan hukum berdasarkan keadilan.

Baca Juga: Adik Kandung Jokowi Akan Dinikahi Ketua MK, Refly Harun: Bisa Pengaruhi Hubungan Eksekutif dan Yudikatif

"Peluangnya semakin besar mengingat kuatnya kekerabatan kita yang menimbulkan sikap ewuh pakewuh. Kalau ini terjadi, maka MK dalam menangani kasus guggatan terkait eksekutif akan kehilangan indepedensinya," kata mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X