Mudik Dibolehkan, Berikut Syarat Lengkap Mudik Bagi yang Belum Mendapatkan Vaksin Booster

- Kamis, 24 Maret 2022 | 10:10 WIB

HARIAN HALUAN - Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini pemerintah memperbolehkan Masyarakat untuk mudik Lebaran dengan syarat khusus, sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap (1 dan 2) serta booster. Hal ini demi meminimalisir risiko penularan selama perjalanan mudik.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh presiden Joko Widodo kepada masyarakat dalam konferensi pers daring pada Rabu, 23 Maret 2022.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Presiden Joko Widodo.

Lalu, bagaimana jika masyarakat belum mendapat vaksin Covid-19 dan booster?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan tersebut. Untuk yang belum Booster, baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Sementara untuk yang baru satu kali vaksin, maka dia diharuskan untuk melakukan tes PCR.

"Kalau yang belum booster, baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin, dia harus tes PCR," bebernya dalam konferensi pers pada Rabu, 23 Maret 2022.

Aturan resmi terkait syarat perjalanan dan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 nantinya akan dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan dan SE Satgas Penanganan Covid-19.

Sementara pemudik yang sudah booster vaksin Covid-19 tak perlu lagi menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 PCR maupun antigen.

Menurutnya, pemerintah nantinya juga bakal menyediakan sejumlah tempat vaksinasi perjalanan mudik seperti fasilitas umum.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Pelaku Pembunuhan Guru TK Terancam 15 Tahun Penjara

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X