Ini Alasan Pemerintah Jadikan Vaksin Booster Sebagai Syarat Mudik Lebaran 1443 H

- Kamis, 24 Maret 2022 | 13:40 WIB
Jokowi
Jokowi

HARIAN HALUAN - Pemerintah baru saja mengumumkan akan memperbolehkan mudik pada Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 ini.

Namun, pemerintah menyaratkan vaksin booster sebagai salah satu syarat agar pemudik bisa pulang kampung saat Idul Fitri 1443 Hijriah nanti.

Kendati pemerintah mensyaratkan vaksin booster menjadi syarat utama, namun pemerintah masih membolehkan mudik bagi yang satu kali vaksin dan dua kali vaksin.

Baca Juga: Viral! Perampokan di Garut Direkam Korban, Begini Detik-Detik Perampok Masuk ke Dalam Rumah

"Kalau yang belum booster, baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin, dia harus tes PCR," ujar Menteri Kesehatan dalam konferensi pers pada Rabu, 23 Maret 2022.

Pemerintah sendiri dalam konferensi pers menuturkan alasan kenapa vaksinasi dijadikan syarat untuk mudik.

Menkes Budi Gunadi Sadikit menyebut Presiden Joko Widodo ingin memastikan ibadah silaturahmi saat Idul Fitri berjalan aman.

Baca Juga: Mudik Dibolehkan, Berikut Syarat Lengkap Mudik Bagi yang Belum Mendapatkan Vaksin Booster

"Kalau vaksinasi tidak lengkap, dampaknya negatif terutama pada orang tua. Orang tua ini saat Lebaran sasaran kunjungan anak-anaknya, karena itu (presiden) menyarankan kalau mau mudik itu sebaiknya di-booster, supaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi nanti terkena COVID-19," kata Budi.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Pelaku Pembunuhan Guru TK Terancam 15 Tahun Penjara

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X