KPK Temukan Ratusan Pelanggaran di Danau Singkarak, Ini Rekomendasi KPK

- Kamis, 24 Maret 2022 | 20:38 WIB
Suasana Salah satu keramba di Danau Singkarak
Suasana Salah satu keramba di Danau Singkarak

HARIAN HALUAN - Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) temukan ratusan pelanggaran yang terjadi di Danau Singkarak. 

Hal ini disampaikan oleh Plt. Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding dan menyebutkan ada sekitar 368 pelanggaran terdapat di Kabupaten Tanah Datar dan 122 lainnya di Kabupaten Solok terkait keberadaan Danau Singkarak.

"Bentuk pelanggarannya mulai dari mengubah bentuk bibir danau, hingga melakukan reklamasi atau menimbun perairan danau, lalu kemudian mendirikan bangunan di atasnya," ujarnya.

Baca Juga: Lindungi Danau Singkarak, KPK Gandeng Pemkab Solok dan Kementerian Agraria

Menyikapi hal tersebut, KPK dan Kementerian ATR/BPN memberikan 4 rekomendasi ke berbagai pihak, sebagai langkah penyelamatan Danau Singkarak.

"Pertama, menghentikan pembangunan tak berizin prasarana pariwisata yang berada di badan air dan di atas lahan reklamasi di Danau Singkarak," kata Plt. Juru Bicara KPK.

Kedua dikatakannya dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pengenaan Sanksi Administratif berdasarkan Pasal 194 PP 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, kepada para pelaku pelanggaran pemanfaatan ruang. 

Baca Juga: KPK Kawal Komitmen Pemda Selamatkan Danau Singkarak

"Ketiga, memastikan para pelaku pelanggaran melakukan pemulihan fungsi ruang dengan pengawasan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, dan aparat penegak hukum," kata Ipi Maryati Kuding.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X