Kesaksian Warga: 2 Dari 16 Terduga Teroris di Sumbar Ternyata Dari Jawa, Aktif Rekrut Warga Ikut Pengajian

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:43 WIB
ilustrasi
ilustrasi

HARIAN HALUAN - Belasan terduga teroris ditangkap oleh Densus 88 Antiteror di sejumlah wilayah Sumatera Barat pada Jum'at, 25 Maret 2022.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Harian Haluan, beberapa merupakan warga Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Penangkapan tersebut hingga Sabtu, 26 Maret 2022 siang, masih menjadi pembicaraan di tengah masyarakat. Pasalnya dua orang diantaranya dikenal aktif dalam sebuah pengajian.

Baca Juga: Dalam Sehari, Densus 88 Tangkap 16 Terduga Teroris Di Sumbar

Salah seorang warga Barulak, F mengatakan dua warga yang ditangkap Densus 88 merupakan pendatang dari daerah Jawa dan aktif mengajak masyarakat untuk ikut pengajian mereka.

"Ya, kemarin Densus nangkap dua orang warga di sini (Barulak-red). Dua orang itu pendatang dari Jawa dan aktif mengajak masyarakat ikut pengajian mereka," kata F kepada Harian Haluan, pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia juga mengatakan penangkapan yang dilakukan Densus 88 di Situjuh, Kabupaten Limapuluh Kota juga merupakan warga Barulak. Hanya saja sudah menetap di Situjuh karena bekerja di Limapuluh Kota.

Baca Juga: Warga Limapuluh Kota Ditangkap Densus 88, Awalnya Dikira Perampokan

"Yang ditangkap di Situjuh itu juga warga Barulak. Memang warga Asli, bukan pendatang. Mungkin dia ikut pengajian yang dibawa dua orang pendatang asal Jawa itu," sambung F.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X