Dalam 2 Tahun, WALHI Sumbar Catat Ada Tambang Emas Ilegal di 5 Kabupaten/Kota

- Selasa, 29 Maret 2022 | 22:02 WIB
WALHI Sumbar Catat Ada Tambang Emas Ilegal di 5 Kabupaten/Kota
WALHI Sumbar Catat Ada Tambang Emas Ilegal di 5 Kabupaten/Kota

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumatera Barat (Sumbar) menyebut tambang emas ilegal di Sumbar antara lain terdapat di Sijunjung, Sawahlunto, Solok Selatan, Pasaman, dan Pasaman Barat.

Menurut Direktur WALHI Sumbar Wengki Purwanto, lokasi tambang emas ilegal yang ditemukan berdasarkan survei pada 2022 yakni berada di Ranah Batahan, Pasaman Barat

4 lokasi lainnya didapat dari survei yang dilakukan WALHI Sumbar pada 2019. Kebanyakan tambang emas ilegal tersebut berada di sungai dan hutan.

Hal tersebut ia sampaikan menanggapi pengungkapan tambang emas ilegal di Sijunjung dan Pasaman oleh Polda Sumbar.

Menurut Wengki, keberadaan tambang emas ilegal sejatinya tidak menguntungkan masyarakat lokal yang menjadi pekerja tambang, melainkan pihak di baliknya yang memiliki modal besar.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Keluarga Besar Basko Berbagi dengan Anak Yatim

"Ketika terjadi pengungkapan tambang emas ilegal, pihak yang membela seolah-olah mempertahankan keberadaan tambang emas sebagai sumber penghidupan masyarakat, namun yang lebih diuntungkan sebenarnya adalah pemodal besar," terang Wengki pada Haluan Padang, Selasa (29/3/2022).

Pasalnya, sebelum tambang emas ilegal dibuka, masyarakat di wilayah-wilayah tersebut nyatanya memiliki sumber penghidupan, umumnya bertani atau berkebun.

Oleh karena itu, solusi untuk masyarakat agar tidak terlibat penambangan emas ilegal yakni dengan mengedepankan pengembangan produk dari komoditas pertanian atau perkebunan utama di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X