Kata Madrasah Hilang dari RUU Sisdiknas, MUI Padang: Bertentangan Dengan Pancasila

- Rabu, 30 Maret 2022 | 19:53 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim

HARIAN HALUAN - Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) menuai kontroversi, karena tidak mencantumkan SD, SMP, SMA, hingga madrasah. Istilah yang dipakai yakni pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan keagamaan.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang, Japeri menyayangkan frasa 'madrasah' yang tidak dicantumkan dalam batang tubuh Revisi UU Sisdiknas.

"Dulu, dalam UU 20/2003 tentang sisdiknas sudah tertuang bahwa madrasah disebut sebagai salah satu bentuk pendidikan, baik di tingkat dasar maupun menengah.Sekarang itu dihilangkan. Kita berpendapat, sangat disayangkan," terang Japeri ketika dihubungi Harian Haluan pada Rabu, 30 Maret 2022.

Baca Juga: Inilah Daftar 75 Partai Politik di Indonesia yang Berbadan Hukum dan Bisa Mengikuti Pemilu 2024

"Jangan sampai dihilangkan, karena kalau frasa madrasah tidak dimasukkan, lalu eksistensi madrasah seperti apa?" sambung akademisi yang mengajar sebagai dosen di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) tersebut.

Ia khawatir, legalitas madrasah menjadi berkurang dalam sistem pendidikan nasional, karena tidak dicantumkan dalam batang tubuh.

Selain itu, menurutnya frasa madrasah penting untuk dicantumkan karena menjadi dasar bagi masyarakat agar yakin untuk memasukkan anak-anak mereke ke madrasah dan tidak ragu dengan jenjang pendidikan selanjutnya.

"Apa alasannya dihilangkan? Sementara selama ini oke oke saja, sudah ada pertimbangan, sehingga masyarakat tidak ragu lagi untuk memasukkan anaknya ke madrasah, karena dia bisa melanjutkan pendidikan di mana saja," sebutnya.

Baca Juga: Ramai Polemik Hilangnya Madrasah di RUU Sisdiknas, Cak Imin: Jangan Kebiri Peran dan Jasa Ulama

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Alizar Terpilih Jadi Ketua LPM Korong Gadang Padang

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:16 WIB
X