Harga Pertamax Naik Mulai 1 April 2022, Menteri BUMN Erick Thohir Minta Maaf

- Kamis, 31 Maret 2022 | 11:23 WIB
ilustrasi pertamax/ foto: detik.com
ilustrasi pertamax/ foto: detik.com

HARIAN HALUAN- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa harga bensin Pertamax (RON 92) yang dijual PT Pertamina (Persero) akan naik besok, Jumat, 1 April 2022.

Ia menyatakan, karena BBM jenis pertalite akan disubsidi pemerintah, maka kemungkinan BBM jenis Pertamax naik.

"Ini pemerintah sudah memutuskan Pertalite dijadikan subsidi. Pertamax tidak, kalau Pertamax naik, ya mohon maaf. Kalau Pertalite disubsidi. Nanti 1 April tunggu," katanya yang dikutp dari CNBC Indonesia.com, Kamis (31/3).

Baca Juga: Andre Rosiade dan Dirut Pertamina Patra Niaga bakal Datang, Solar Kembali Lancar di Padang

Baca Juga: Sebuah Video Seperti Tumpahan Minyak Goreng Viral di Medsos, Ini Faktanya

Lanjutnya, subsidi BBM yang digelontorkan pemerintah telah mencapai puluhan triliun per tahun. Di sisi lain, pemerintah juga hadir dengan memberikan bantuan sosial dan lainnya.

"Jadi, pemerintah hadir, tapi gak mungkin pemerintah hadir sendiri kalau rakyatnya, masyarakatnya gak ngisi hal yang terjadi dinamika perubahan ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Inilah Operator yang Akan Menghapus Sinyal 3G di Seluruh Indonesia

Sedangkan, kenaikan harga Pertamax ini dipicu oleh semakin beratnya beban keuangan perusahaan akibat harus menanggung selisih antara harga pasar dan harga jual Pertamax.

Harga pasar Pertamax pada Maret ini disebut telah mencapai Rp 14.526 per liter, sementara harga jual Pertamax hingga kini masih ditahan pada Rp 9.000 per liter.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X