KPK Diminta Ikut Usut Mafia Minyak Goreng, Legislator: Dituntut Hukuman Mati!

- Kamis, 31 Maret 2022 | 11:54 WIB

HARIAN HALUAN.COM - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan meyelidiki polemik minyak goreng yang tak kunjung reda. Pihak antirasuah itu diharap bisa mengejar pelaku yang menyebabkan keberadaan minyak goreng sempat langka hingga harganya mahal.

Habiburokhman mengatakan polemik minyak goreng menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan di DPR, masalah kebutuhan pokok ini di bahas di beberapa alat kelengkapan dewan.

"Soal minyak goreng ini pak dibahas di banyak sekali komisi ya di VI di XI tapi yang jelas ada ketidaknormalan dan pasti ada penyimpangan hukum, pasti juga ada melibatkan penyelenggara negara," ujar Habiburokhman seperti dikutip Harian Haluan dalam raker dengan KPK di Komisi III di Facebook, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Sebuah Video Seperti Tumpahan Minyak Goreng Viral di Medsos, Ini Faktanya

Dampak dari polemik minyak goreng, Habiburokhman menambahkan, bukan hanya merugikan negara tapi secara langsung merugikan rakyat. Karena itu, politisi Gerindra itu meminta Ketua KPK Firli Bahuri untuk menerjunkan tim guna menyelidiki persoalan minyak goreng.

"Kami beraharap KPK leading di depan dalam pengusutan kasus ini. Kita minta KPK mengirim tim penyelidik untuk ikuti alur produksi minyak goreng dari awal sampai distribusi. Saya yakin bisa segera ditangkap pelakunya. Jangan ragu pak," tambah Habiburokhman.

Baca juga: Soroti Kasus Korupsi SDA, Habiburokhman: KPK Harus Usut Korporasi Penikmat Perizinan Ilegal

Menurut dia, apabila memang KPK berhasil mengungkap kasus dan menangkap pelaku di balik persoalan minyak goreng, maka pelaku tersebut bisa saja dituntut hukuman mati.

"Ini pak kalau korupsi di sektor ini saya pikir memenuhi kualifikasi untuk dituntut hukuman mati. Karena bukan saja terjadi di saat negara sedang krisis, mereka ini menyebabkan negara mengalami krisis begitu pak," pungkasnya.

Editor: Adhi Widharta

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X