PPN Naik 11 Persen Jelang Ramadhan, Rocky Gerung: Warga Desa Kehilangan Harapan

- Kamis, 31 Maret 2022 | 15:52 WIB
Rocky Gerung.
Rocky Gerung.

HARIAN HALUAN.COM - Jelang Ramadhan 2022, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan tarif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) berubah menjadi 11 persen mulai 1 April 2022. Perubahan ini berdasarkan pada Undang-Undang tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menilai kenaikan PPN tersebut masih tergolong rendah. Mengingat, rata-rata PPN di seluruh dunia sebesar 15 persen.

Ia menegaskan, kenaikan 1 persen dari PPN sebelumnya masih dianggap tidak berlebihan-lebihan. Musababnya, PPN 11 persen masih berada di bawah rata-rata PPN dunia.

Baca juga: Soal Dukungan 3 Periode dari APDESI, Rocky Gerung Sebut Presiden Meniru Pekerjaan Orde Baru

Pengamat politik, Rocky Gerung, melihat apabila kebijakan tersebut akan mencekik masyarakat kalangan bawah ketika Ramadhan 2022 nanti. Terlebih, baru saja masyarakat akan menikmati masa kelonggaran dari pandemi dan memasuki suasana bulan Ramadhan yang kemungkinan besar dapat berkumpul lagi dengan keluarga.

"Kita bayangkan bagaimana masyarakat kalangan bawah tuh bertahan. Padahal sebetulnya kita masuk bulan Ramadhan di mana orang berupaya untuk menyimpan sedikit uang supaya bisa pulang kampung dan kasih pada orang tua pada tetangga segala macam, sedekah. Sekarang gak ada lagi, gak mungkin lagi," ucap Rocky Gerung sebagaimana Harian Haluan mengutip dari Pikiran Rakyat, Kamis (31/3/2022).

Menurutnya, segala kebutuhan pada masyarakat akan mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan, biasanya yang ada kaitannya dengan Ramadhan yakni adanya mudik menjelang hari raya Idul Fitri.

Dengan naiknya PPN tersebut, menurutnya bahan bakar pun akan mengalami kenaikan harga. Selain itu, harga bahan pokok juga akan naik.

"Pada momen semacam ini, harusnya ada seperti pengakuan dosa dari istana. Kami gagal untuk membahagiakan rakyat, kami gagal mempertahankan harga keekonomian karena kami terpaksa harus mengiyakan kepentingan oligarki," ucapnya.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X