Waspada Simcard Ilegal, Polisi Sita Ribuan Kartu Teregistrasi

- Jumat, 1 April 2022 | 11:55 WIB
Ilustrasi: Polisi sita ribuan kartu perdana atau SIM Card ilegal dari berbagai provider. /Pixabay
Ilustrasi: Polisi sita ribuan kartu perdana atau SIM Card ilegal dari berbagai provider. /Pixabay

HARIAN HALUAN - Polres Metro Tangerang Kota sita puluhan ribu kartu perdana ilegal dari seorang pelaku tindak pidana penjualan kartu perdana telepon selular dari berbagai provider beberapa waktu lalu.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Komarudin mengatakan jajarannya berhasil menyita sebanyak 78.671 kartu perdana ilegal.

"Pelaku berinsial A ditangkap di sebuah apartemen di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang dan dari 78.671 kartu perdana yang diamankan sebanyak 4.800 kartu sudah teregistrasi dan sisanya belum teregistrasi," kata Kombes Pol Komarudin.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pemasok Ribuan SIM Card untuk Akun Gojek 'Tuyul'

Ia menjelaskan bahwa pelaku menginput identitas milik orang lain menggunakan NIK asli untuk dapat teregistrasi.

"Untuk mendapat identitas orang lain itu, pelaku menggunakan sebuah alat modern merek Foxcom, dimana setelah kartu perdana tersebut diregistrasi identitas palsu, akan dibungkus kembali layaknya baru keluar dari pabrik dan akan dijual kembali," ujarnya.

Menurutnya, pelaku akan menjual kembali secara online dan harganya pun biasanya lebih mahal karena kartu bisa langsung pakai serta sudah teregistrasi.

Baca Juga: Pelaku Pencurian di 8 Titik Diamankan Polsek Bukittinggi

"Biasanya, nomor yang sudah pakai identitas palsu tersebut digunakan untuk tindakan kriminalitas seperti penipuan, penyebaran berita palsu alias hoaks dan kriminal digital lainnya," kata Kapolres Metro Tangerang Kota.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X