Survei Indikator: Prabowo- Ganjar Kalahkan Pasangan Anies- Erick Thohir

- Senin, 4 April 2022 | 17:41 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

HARIAN HALUAN - Sebuah lembaga survei Indikator Politik (IPI) merilis hasil survei terbaru pada Minggu 3 Maret 2022. Hasilnya menempatkan pasangan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo tertinggi, mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Erick Thohir.

Meski dalam simulasi pasangan Capres-Cawapres, hasilnya memperlihatkan Prabowo Subianto- Ganjar Pranowo mencapai 51,1 persen suara dari 1.200 responden.

Berbeda jika Prabowo dipasangkan dengan Anies Baswedan, hasilnya yakni 47,7 persen. Sementara jika Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Erick Thohir, hasilnya hanya 36,8 persen.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Jokowi Paling Tinggi Dibandingkan Anies Baswedan hingga Puan Maharani

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin, menilai, Prabowo-Ganjar lebih tinggi. Pasalnya, kedua pasangan ini saling menutupi kekurangan suara di wilayah tertentu.

“Kenapa Prabowo-Ganjar lebih tinggi daripada Prabowo-Anies, karena Prabowo itu lemah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sementara Ganjar kuat di Jawa Tengah,” ujar Burhanuddin Muhtadi.

“Jadi dia bisa melengkapi kekurangan Prabowo. Sementara Prabowo-Anies (kantong suaranya) sama, Anies juga lemah di Jawa Tengah,” katanya.

Kendati demikian, Burhanuddin mempertanyakan apakah Ganjar bersedia jadi calon wakil presiden. Sementara ia memiliki peluang terpilih sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Selain itu, Burhanuddin mempertanyakan apakah pendukung Ganjar atau Anies nantinya bersedia jika menempati posisi sebagai calon wakil presiden. Musababnya, situasi politik ke depan tidak hanya bergantung pada aktornya, tetapi juga basis pendukungnya.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita Asal Cina Alami Kecelakaan di Gunung Rinjani

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:48 WIB
X