Segera, Tenaga Kerja dengan Gaji Kurang dari Rp3 Juta Bakal Dapat Subsidi Upah

- Selasa, 5 April 2022 | 12:10 WIB
Airlangga Hartarto (Istimewa)
Airlangga Hartarto (Istimewa)

HARIAN HALUAN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah bakal memberikan bantuan subsidi upah (BSU) bagi tenaga kerja yang memiliki gaji kurang dari Rp3 juta per bulan.

Rencananya, bantuan subsidi upah itu akan digelontorkan ke 8,8 juta tenaga kerja. Adapun skema pemberian bantuan hingga kini tengah dimatangkan dan bakal diumumkan dalam waktu dekat.

"Tadi ada arahan Bapak Presiden terkait program BSU ini agar terus dimatangkan," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers PPKM di Jakarta.

Baca Juga: Program BSU Tahap Perluasan Ditargetkan Jangkau 1,7 Juta Penerima

Ia menjelaskan, bantuan subsidi upah merupakan salah satu bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diadakan pada tahun 2022. Per 1 April, realisasi PEN 2022 telah mencapai Rp29,3 triliun atau setara dengan 6,4 persen dari alokasi Rp 455,62 triliun.

Rincian pencapaian tersebut adalah penanganan kesehatan dengan nilai anggaran Rp1,55 triliun, perlindungan masyarakat Rp 22,74 triliun, dan penguatan ekonomi Rp 5 triliun. Airlangga memaparkan bahwa perlindungan masyarakat diberikan untuk Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

"Serta bantuan pedagang kaki lima, warung, dan nelayan," tuturnya.

Khusus untuk tahun ini, program PEN hanya ditujukan untuk tiga klaster yakni penanganan kesehatan dengan anggaran Rp 122,54 triliun, perlindungan masyarakat Rp 154,76 triliun serta penguatan pemulihan ekonomi Rp 178,32 triliun.

Baca Juga: BLT Tak Perlu Bila Pemerintah Mampu Lawan Mafia Migor Sebut Pengamat Komunikasi Politik

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB
X