Terpilih Jadi Salah Satu Provinsi Percontohan Penanganan Stunting di Indonesia, Sumbar Harus Lakukan Ini

- Rabu, 6 April 2022 | 11:25 WIB
stunting-ilustrasi2
stunting-ilustrasi2

HARIAN HALUAN - Provinsi Sumbar masuk sebagai 8 Provinsi Percontohan Penanganan Stunting di Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Executive Habibie Institute for Public Policy and Government (HIPPG) Widya Leksmanawati yang mengatakan, sejauh ini ada 8 provinsi percontohan dalam menuntaskan stunting 

Beberapa provinsi percontohan tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Baca Juga: Darul Siska: Pemerintah Perlu Beri Reward Daerah yang Berhasil Turunkan Stunting 

Widya Leksmanawati menjelaskan untuk menekan angka stunting merupakan upaya besar yang harus dikerjakan oleh semua pihak. 

"Tentunya sulit bagi daerah jika hanya mengandalkan satu pihak saja sehingga ide dan gagasan serta pelibatan semua stakeholder mulai dari perguruan tinggi, hingga perusahaan dan pihak swasta untuk mau turun dan terlibat mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stunting," katanya.

Menurutnya, faktor-faktor tersebut diantaranya edukasi dan intervensi akan akses nutrisi, ketersediaan air bersih, dan angka pernikahan dini yang masih tinggi.

Baca Juga: Pemko Padang Panjang Siapkan Langkah Percepatan Penurunan Stunting

"Keberhasilan kerja sama lintas sektoral ini terlihat dari penurunan persentase angka kasus stunting di beberapa daerah, seperti Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Kudus," ujarnya saat seminar online bersama Habibie Institue for Public Policy and Government (HIPPG) pada Rabu, 2 Maret 2022 lalu.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X